EVALUASI PENGENDALIAN INTERN ATAS SISTEM AKUNTANSI PENGADAAN TEBU DAN PENGELUARAN KAS (Studi Kasus Pada PT. Perkebunan Nusantara X Pabrik Gula Meritjan Kediri)

Authors

  • Nur Rohmah
  • Siti Ragil Handayani
  • Raden Rustam Hidayat

Abstract

The purpose of this research is to find out the application of the accounting systems of procurement sugar cane and cash disbursements the one at PT. Perkebunan Nusantara X Meritjan Kediri Sugar Factory as well as evaluating the extent to which the effectiveness of the accounting systems of procurement sugar cane and cash disbursements in support of internal control applied by PT. Perkebunan Nusantara X Meritjan Kediri Sugar Factory.The type of research used in this study is a descriptive research with the case study approach. The Data used in this research is the primary data and secondary data obtained from the interviews and documentation activities.Based on the analysis and interpretation of data in the evaluation of internal control over the accounting systems procurement of sugar cane of cash disbursements  still rated less well, There is still a double funcation that results in unhealthy practices conducted by related functions, this is document is used only made in duplicate one and have not yet completed supporting documents. Some of that weakness is less supporting in internal control, then the company needs to improve the system that has been done so far. The necessary improvements is with the separating functions that should not be double funcations.

Keywords : Accounting Systems, Internal Control, Effectiveness

ABSTRAK

Tujuan dari  penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan sistem akuntansi pembelian tebu dan pengeluaran kas yang terdapat pada  PT. Perkebunan Nusantara X Pabrik Gula Meritjan Kediri serta mengevaluasi sejauh mana efektifitas sistem akuntansi pembelian tebu dan pengeluaran kas dalam mendukung pengendalian intern yang diterapkan oleh PT. Perkebunan Nusantara X Pabrik Gula Meritjan Kediri.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh dari kegiatan wawancara dan dokumentasi.Berdasarkan analisa dan intepretasi data dalam evaluasi pengendalian intern atas sistem akuntansi pembelian tebu atas pengeluaran kas masih dinilai kurang baik, yaitu masih terdapat perangkapan fungsi yang mengakibatkan praktik-praktik yang tidak sehat yang dilakukan oleh fungsi terkait, dokumen yang digunakan hanya dibuat rangkap satu dan belum disertai dokumen pendukung yang lengkap. Beberapa kelemahan tersebut kurang mendukung dalam pengendalian intern, maka perusahaan perlu memperbaiki sistem yang telah dilakukan selama ini. Perbaikan yang diperlukan adalah dengan memisahakan fungsi yang tidak boleh dirangkap dan melengkapi catatan akuntansi yang digunakan oleh perusahaan.

Kata Kunci :Sistem Akuntansi, Pengendalian Intern, Efektifitas

 

Downloads

Published

2018-01-16

Issue

Section

Articles