PENGEMBANGAN VALUE PROPOSITION DALAM PEMBENTUKAN STRATEGI PEMASARAN (Studi Kasus Pada: PT. Suryaraya Nusatama Surabaya)

Authors

  • Diah Puspa Indah
  • Wilopo Wilopo

Abstract

This study aims to determine the value proposition (value proposition) built and offered by PT. Suryaraya Nusatama Surabaya, know the consumer perception about the value proposition on the products produced by PT. Suryaraya Nusatama Surabaya and know the development of value proposition in the formation of marketing strategy. The type of this research is descriptive with qualitative approach. This research uses Alexander Osterwalder and Yves Pigneur method for value proposition data, and Kotler's method in Kasali for marketing strategy data. The result of this research shows that, Ten element of value proposition at PT. Suryaraya Nusatama Surabaya is a new nature, performance, adjustment, completion of work, design, brand / status, price, risk reduction, ability to access, and comfort and usability. From consumer perception can be shown with only eight value proposition elements that are satisfied with consumer perception, that is new nature, performance, adjustment, finish work, design, price, risk reduction, and convenience / usability. The main value proposition of the company from the results of research is the element of adjustment, design and price. Determination of marketing strategy can be applied through segmentation strategy, targeting and Positioning.

Keywords: Value Proposition, Marketing Strategy

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui value proposition (proposisi nilai) yang dibangun dan ditawarkan oleh PT. Suryaraya Nusatama Surabaya, mengetahui persepsi konsumen mengenai value proposition pada produk yang dihasilkan oleh PT. Suryaraya Nusatama Surabaya dan mengetahui pengembangan value proposition dalam pembentukan strategi pemasaran. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode Alexander Osterwalder dan Yves Pigneur untuk data value proposition, dan metode Kotler dalam Kasali untuk data startegi pemasaran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, Sepuluh elemen value proposition pada PT. Suryaraya Nusatama Surabaya adalah sifat baru, kinerja, penyesuaian, menyelesaikan pekerjaan, desain, merek/status, harga, pengurangan risiko, kemampuan dalam mengakses, serta kenyamanan dan kegunaan. Dari persepsi konsumen dapat ditunjukkan dengan hanya terdapat delapan elemen value proposition yang dirasa puas atas persepsi konsumen, yaitu sifat baru, kinerja, penyesuaian, menyelesaikan pekerjaan, desain, harga, pengurangan risiko, dan kenyamanan/kegunaan. Value proposition utama perusahaan dari hasil penelitian adalah elemen penyesuaian, desain dan harga. Penetapan strategi pemasaran dapat diterapkan melalui strategi segmentation, targeting dan Positioning.

Kata Kunci: Value Proposition, Strategi Pemasaran

Downloads

Published

2017-10-23

Issue

Section

Articles