ANALISIS PENERAPAN GREEN MARKETING PADA PRODUK NAOOGST CIGAR SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN INTERNASIONAL (Studi pada PTPN X)

Authors

  • Nuris Ajizah
  • Suharyono Suharyono

Abstract

Companies that implement green marketing as a marketing strategy, is considered easier in building a positive image of the company. Especially when companies that implement green marketing is a company with products that are marketed in the international market, it will automatically apply green marketing as an international marketing strategy in reaching the international market. The purpose of this research is to find out how the implementation of green marketing on NaoOgst Cigar product and its impact. Type of this research is descriptive research with qualitative approach. As the data collection method in this research uses observation, interview and documentation. Data analysis in this research is using interactive data analysis model Miles and Huberman to examine validity of data. The results of this research shows that PTPN X has applied green marketing as well when viewed from the marketing mix, namely product, distribution channel, promotion, and price. This is evidenced through a processing process that prioritizes eco friendly for the sake of environmental sustainability and production processes that prioritize manually process in order to reduce fuel usage and pollution. In addition, the impact of the implementation of green marketing on internal internal companies is the increasing safety and comfort of employees while the external company is increasing consumer confidence in NaoOgst Cigar products that increase sales of NaoOgst Cigar products.

Keywords: Green Marketing, International Marketing Strategy

ABSTRAK

Perusahaan yang menerapkan green marketing sebagai strategi pemasarannya, dianggap lebih mudah dalam membangun citra positif perusahaan. Terlebih ketika perusahaan yang menerapkan green marketing adalah perusahaan dengan produk yang dipasarkan di pasar internasional, maka secara otomatis green marketing akan diterapkan sebagai strategi pemasaran internasional dalam menjangkau pasar internasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan green marketing pada produk NaoOgst Cigar beserta dampaknya.  Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data interaktif model Miles and Huberman dalam menghasilkan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PTPN X telah menerapkan green marketing dengan baik apabila ditinjau dari bauran pemasaran, yakni produk, saluran distribusi, promosi, dan harga. Hal ini dibuktikan melalui proses pengolahan yang mengutamakan keramahan demi keberlangsungan lingkungan dan proses produksi yang mengutamakan proses secara manual demi mengurangi penggunaan bahan bakar dan polusi yang dihasilkan. Selain itu, dampak penerapan green marketing pada internal internal perusahaan adalah meningkatnya keselamatan dan kenyamanan kerja karyawan sedangkan pada eksternal perusahaan adalah meningkatnya kepercayaan konsumen pada produk NaoOgst Cigar yang meningkatkan penjualan produk NaoOgst Cigar.

Kata kunci: Green Marketing, Strategi Pemasaran Internasional


Downloads

Published

2017-10-12

Issue

Section

Articles