PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Survei pada Pelanggan KFC Warga JL. Jendral Basuki Rachmad RW. 02 Kelurahan Kauman Kecamatan Klojen Kota Malang)

Authors

  • Lia Wita Kumala

Abstract

Perkembangan bisnis saat ini sangat pesat seiring dengan pertumbuhan ekonomi di berbagai bidang, sehingga menimbulkan persaingan pasar yang cukup ketat. Menciptakan persepsi positif dibenak pelanggan merupakan faktor penting dalam kesuksesan penjualan suatu produk, perusahaan perlu menyampaikan atau mengkomunikasikan suatu produk dengan menyentuh sisi emosional pelanggan, menghadirkan pengalaman yang unik dan mengesankan bagi pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah : Mengetahui dan menguji variabel Experiential Marketing yang mempengaruhi Kepuasan Pelanggan secara bersama-sama dan parsial, dan mengetahui Variabel Experiential Marketing yang berpengaruh dominan terhadap Kepuasan Pelanggan. Variabel dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : Communications (X1), Visual Identity (X2), Product Presence (X3), Co-Branding (X­4), Spatial Environment (X5), Web sites (X6), People (X7) dan Act (X8). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian explanatory. Sampel penelitian sebanyak 69 orang responden yaitu pelanggan KFC warga JL. Jendral Basuki Rachmad RW. 02 Kelurahan Kauman Kecamatan Klojen Kota Malang. Metode sampel yang digunakan adalah Proportionate Stratified Random Sampling. Uji instrumen dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabelitas. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Deskriptif dan Analisis Regresi Linear Berganda. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan program SPSS 16.0 for windows. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa variabel Communications, Visual Identity, Product Presence, Co-Branding, Spatial Environment, Web sites, People dan Act berpengaruh secara bersama-sama dan secara parsial terhadap Kepuasan Pelanggan. Variabel People merupakan variabel yang dominan berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan.

Kata kunci : Experiential Marketing, Kepuasan Pelanggan

 

Abstract

The development of today's business very rapidly along with economic growth in many areas, giving rise to a fairly tight market competition. Creating a positive perception customer minds is an important factor in the success of the sale of a product, therefore companies need to convey or communicate an emotional touch the product with customers, presenting a unique and memorable experience for customers. The purpose of this study is: Knowing and test variables that affect the Experiential Marketing Customer Satisfaction jointly and partial, and Experiential Marketing Variables that determine the dominant influence on Customer Satisfaction. The research variables are as follows: Communications (X1), Visual Identity (X2), Product Presence (X3), Co-Branding (X­4), Spatial Environment (X5), Web sites (X6), People (X7) dan Act (X8). Types of research used in this research is explanatory research. Samples are 69 respondents customers KFC Jendral Basuki Rachmat Street citizens RW. 02 Kelurahan Kauman Kecamatan Klojen Malang City. Sampling method used is Proportionate Stratified Random Sampling. Test instruments using validity and reliability testing. The analytical method used is descriptive analysis and multiple linear regression analysis. The data obtained were processed using SPSS 16.0 for Windows. From the results of this research is that the variable Communications, Visual Identity, Product Presence, Co-Branding, Spatial Environment, Web sites, People and Act jointly influence and partially on Customer Satisfaction. People variable is a variable that dominant influence on customer satisfaction.

Keywords : Experiential Marketing, Customer Satisfaction

 

Downloads

Published

2013-09-03

Issue

Section

Articles