PENGARUH MOTIVASI PEMBELIAN DAN HARGA DIRI TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN KOMPULSIF PRODUK FASHION (SurveiPadaKonsumenFashion Malang Town Square Di Kota Malang)

Authors

  • Rizky Fajar Akhadiyah
  • Suharyono Suharyono

Abstract

This study is to determine: partially significant influence of motivation Purchase on compulsive buying behavior; partially significant influence of self-esteem on compulsive buying, and together significant influence of motivation purchase and self-esteem on Compulsive Buying. Type of this research is used explanatory research. The sample in this research are 116 respondents who are fashion consumers of Malang Town Square (MATOS) in Malang City. Technique sampling using purposive technique sampling.Methods of collection data by spreading questionnaires. Analysis data is analysis descriptive and multiple linear regression analysis. The results showed that: there was partial significant influence of purchasing motivation (X1) on compulsive buying behavior (Y) with coefficient regression (b) is 0.285 and t significance value is 0.000 < α (0,05); (2) there is partial significant influence of self-esteem (X2) on compulsive buying behavior (Y) with coefficient regression (b) is 0,170 and t significance value is 0,002 <α (0,05); (3) there is a simultant significant influence of purchasing motivation (X1) and self esteem (X2) on compulsive buying behavior (Y) with F significance value  0,000 <α (0,05).

Keywords: Purchasing Motivation, Self-Esteem, Compulsive Buying Behavior

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Signifikan Secara Parsial Motivasi Pembelian Terhadap Perilaku Pembelian Kompulsif; Pengaruh Signifikan Secara Parsial Harga Diri Terhadap Perilaku Pembelian Kompulsif, dan Pengaruh Signifikan Secara Bersama-sama Motivasi Pembelian dan Harga Diri Terhadap Perilaku Pembelian Kompulsif. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 116 orang responden yang merupakan konsumen fashionMalang Town Square (MATOS) di Kota Malang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling.Metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner.Analisis data yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh signifikan secara parsial motivasi pembelian (X1) terhadap perilaku pembelian kompulsif (Y) dengan koefisien regresi (b) sebesar 0,285 dan nilai signifikansi t sebesar 0,000 < α (0,05); (2) terdapat pengaruh signifikan secara parsial harga diri (X2) terhadap perilaku pembelian kompulsif (Y) dengan nilai koefisien regresi (b) sebesar 0,170 dan nilai signifikansi t sebesar 0,002 < α (0,05); (3) terdapat pengaruh signifikan secara bersama-sama motivasi pembelian (X1) dan harga diri (X2) terhadap perilaku pembelian kompulsif (Y) dengan nilai signifikansi F 0,000 < α (0,05).

Kata Kunci: Motivasi Pembelian, Harga Diri, Perilaku Pembelian Kompulsif


Downloads

Published

2017-07-06

Issue

Section

Articles