PENGARUH BAURAN ECERAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Konsumen Toko Sarikat Jaya Gresik)

Authors

  • Dewi Ambarwati
  • Achmad Fauzi

Abstract

This study aims to determine the effect of Retail Mix toward Purchase Decision. The variables in this study include Product, Promotion, Place, Price, Presentation, Personnel and Purchase Decision Structure. The research method used is explanatory research. The research location is in Sarikat Jaya Store Gresik. The population of this research is the consumer of Sarikat Jaya Store Gresik. The sample used is 100 respondents determined using Purposive sampling technique. Data collection methods used were survey with the aid of research instruments in the form of questionnaires. From the results of multiple linear regression analysis using the F test (simultaneous test) known together the concept of Mix Retail consisting of variables (Product, Promotion, Place, Price, Presentation, and Personnel) have a significant influence simultaneously on the Purchase Decision Structure. While based on the results of partial analysis (t-test) is known from the six variables in the Retail Mix there are five variables that have a significant influence on the Purchasing Decision Structure. Variables include Product, Promotion, Price, Presentation, and Personnel. While the variable Place on this study did not have a significant influence on the Purchase Decision Structure.

Keywords: Retail Mix, Purchase Decision.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bauran Eceran terhadap Keputusan Pembelian. Variabel dalam penelitian ini meliputi Produk, Promosi, Tempat, Harga, Presentasi, Personalia dan Struktur  Keputusan Pembelian. Metode penelitian yang digunakan yaitu explanatory research. Lokasi penelitian  berada di Toko Sarikat Jaya Gresik. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen Toko Sarikat Jaya Gresik. Sampel yang digunakan sebesar 100 orang responden yang ditentukan menggunakan teknik Purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu survei dengan bantuan instrumen penelitian berupa kuisioner. Dari hasil analisis regresi linier berganda menggunakan uji F (Uji Simultan) diketahui secara bersama-sama konsep Bauran Eceran yang terdiri dari variabel (Produk, Promosi, Tempat, Harga, Presentasi, dan Personalia) memiliki pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap Struktur keputusan Pembelian. Sedangkan berdasarkan hasil analisis secara parsial (t-test) diketahui dari keenam variabel dalam Bauran Eceran terdapat lima variabel yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Strukutur Keputusan Pembelian. Variabel tersebut diantaranya Produk, Promosi, Harga, Presentasi, dan Personalia. Sedangkan variabel Tempat pada pada penelitian ini tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian.

Kata Kunci : Bauran Eceran, Keputusan Pembelian.

Downloads

Published

2017-06-20

Issue

Section

Articles