FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG KARYAWAN MENGAMBIL PROGRAM PENSIUN DINI (Studi pada Pensiunan Karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Witel Jatim Selatan Malang Yang Lulus Program Pensiun Dini)

Authors

  • Ade Rio Martha
  • Djamhur Hamid

Abstract

This study aims to determine the factors that encourage Employees in Taking Early Retirement Program. In this study the author uses the theory of intuition, theory of dismissal, theory of retirement and theory of early retirement. This research type is descriptive with qualitative approach. Respondents generally are all employees who apply for and passed the early retirement in 2016 at PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Witels South of East Java Malang, amounting to eight employees. The instruments used are researchers, observation and interview guides. The analysis used an interactive model analysis. The results showed there were seven factors that encourage employees to take early retirement program. The first factor is a factor because their children are already independent and mature, second factor is a factor because they want to enjoy old age and retirement, the third factor is a factor where their husband / wife of the employees concerned retired in advance and who will soon retire, fourth factor is a factor because of their other works and activities, the fifth factor is fa actor where the employees want to take advantage of opportunities and programs offered by the company, the sixth factor is the health factor, and the seventh factor is a factor where the employees feel that their work performance was declining..

Keywords: Early Retirement Program, Intention, Termination, early retirement factors

ABSTRAK

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menjabarkan Faktor-faktor yang  mendorong Karyawan Mengambil Program Pensiiun Dini. Pada Penelitian ini penulis  memakai teori tentang keinginan (intention), teori tentang pemberhentian, teori tentang pensiun dan teori tentang pensiun dini. Jenis Penelitiian ini merupakan Deskriptif dengan pendekaatan kualitatif. Responden dari penelitian ini seluruh karyawan yang mengajukan dan dinyatakan lulus pensiun dini tahun 2016 pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Witel Jatim Selatan Malang yang berjumlah delapan orang karyawan. Dalam penelitian ini instrumen yng digunakan adalah peneliti, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Analisis yang digunakan yaitu analisis model interaktif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada tujuh faktor yang mendorong karyawan mengambil program pensiun dini. Faktor yang pertama yaitu faktor karena anak-anak mereka sudah mandiri dan dewasa, faktor yang kedua faktor karena ingin menikmati hari tua dan masa pensiun, faktor ketiga faktor suami / istri dari karyawan yang bersangkutan yang sudah pensiun terlebih dahulu dan yang akan segera pensiun,  faktor keempat yaitu faktor karena adanya pekerjaan dan kegiatan lain, faktor kelima yaitu faktor ingin memanfaatkan peluang dan program yang ditawarkan perusahaan, faktor keenam yaitu faktor kesehatan, dan yang ketujuh yaitu faktor merasa prestasi kerja yang menurun.

Kata Kunci : Program Pensiun Dini, Intention, Pemberhentian, faktor pensiun dini


Downloads

Published

2017-04-18

Issue

Section

Articles