PENGARUH CITY BRANDING SERTA TAGLINE “KEDIRI LAGI” TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN DOMESTIK KABUPATEN KEDIRI

Authors

  • M. Auladi Alpiannoor
  • M. Kholid Mawardi
  • Brillyanes Sanawiri

Abstract

City Branding was started to receive great attention from the region in Indonesia, especially those relying much on their own resources, among other was tourism. City Branding was a marketing strategy used by a city aiming to improve the growth of the city, especially in the economical term. The objective of research was to understand the effect of City Branding “Kediri Lagi†on the interest to visit among domestic tourists. The]is research used quantitative approach. Sample of research was 110 domestic tourists who visited Kediri Regency. Method of sampling was non-probability sampling with a technique of purposive sampling. The instrument of research was questionnaire. Analytical method used simple linear regression. Result of research indicated that City Branding had influenced the interest to visit among domestic tourists for 49%, while the remaining 51% were influenced by other factors. Result of analysis showed that City Branding had a positive effect on the interest to visit.

Keywords: City Branding and Interest to Visit

ABSTRAK

City Branding mulai disadari oleh daerah-daerah yang berada di Indonesia untuk mengenalkan kekayaan yang dimiliki oleh daerah mereka, khususnya kekayaan potensi wisatanya. City Branding merupakan strategi pemasaran yang dilakukan oleh sebuah kota yang memiliki tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan kota, terutama di bidang ekonominya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh City Branding “Kediri Lagi“ Terhadap Minat berkunjung Wisatawan Domestik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 110 wisatawan domestik yang mengunjungi Kabupaten Kediri. Metode yang digunakan metode non-probability sampling serta teknik purposive. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa City Branding mempengaruhi Minat Berkunjung sebesar 49% dan sisanya  51%  dipengaruhi oleh faktor  lain.  Hasil analisis menunjukkan  City Branding memiliki pengaruh positif terhadap Minat Berkunjung.

Kata kunci: City Branding dan Minat Berkunjung

Downloads

Published

2017-03-20

Issue

Section

Articles