PENGARUH PENGEMBANGAN PRODUK THEME PARK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN (Survei pada Wisatawan Taman Rekreasi Selecta, Kota Batu)

Authors

  • Richan Fernandha
  • Fransisca Yaningwati
  • Devi Farah Azizah

Abstract

Recreation park is a recreation area located in the outdoors without being limited by a building, or recreation-related environment and use of natural resources-oriented. New product lines are new products that are present at a tourist spot. The consummation of the products are products that are designed to replace old products that already exist. Re-positioning is to place a position unique product in the minds of tourists so that tourists are expected to have an impression against a particular product. The sample in this study there were 120 respondents tourists visiting Selecta recreational park using purposive sampling tourists who visit at least twice and using questionnaires for data collection. This research uses descriptive analysis and multiple linear regression analysis. Multiple linear analysis results show the new product line, product consummation, re-positoning together towards the satisfaction of tourists. New line of products and product consummation do not affect partially towards the satisfaction of tourists, and re-positioning and price perception have effect partially towards the satisfaction of tourists.

Keywords: Recreational Park, New Product Line, Product Consummation, Re-positioning

ABSTRAK

Taman rekreasi merupakan tempat rekreasi yang berada di alam terbuka tanpa dibatasi oleh suatu bangunan, atau rekreasi yang berhubungan dengan lingkungan dan berorientasi pada penggunaan sumberdaya alam. Lini produk baru adalah produk-produk baru yang terdapat pada suatu tempat wisata. Penyempurnaan produk adalah produk-produk yang dirancang untuk menggantikan produk lama yang sudah ada. Re-positioning adalah menempatkan suatu posisi produk yang unik di benak wisatawan sehingga wisatawan diharapkan memiliki suatu kesan terhadap produk tertentu. Sampel dalam penelitian ini ada 120 responden wisatawan yang berkunjung ke Taman Rekreasi Selecta dengan menggunakan purposive sampling yaitu wisatawan yang berkunjung minimal dua kali dan menggunakan kuesioner untuk pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis linier berganda menunjukkan lini produk baru, penyempurnaan produk, re-positoning berpengaruh secara bersama-sama terhadap kepuasan wisatawan. Lini produk baru dan penyempurnaan produk tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan wisatawan, dan re-positioning dan persepsi harga berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan wisatawan.

Kata kunci: Taman Rekreasi, Lini Produk Baru,  Penyempurnaan Produk, Re-positioning

Downloads

Published

2017-03-02

Issue

Section

Articles