PENGARUH ATRAKSI WISATA DAN MOTIVASI WISATAWAN TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG (Survei pada Pengunjung Wisata Alam Kawah Ijen)

Authors

  • Syakir Kamil Ainul Fitroh
  • Djamhur Hamid
  • Luchman Hakim

Abstract

The rate of visits to Ijen Crater continues to increase every year needs to be balanced with the destination development that will impact on increasing the rate of visits, length of stay, and tourist spending. The results of the study will have an impact on the development of this destination, as a way of developing tourist attractions and facilities, creating destination promotion strategy in order to keep the rate of visits to Ijen Crater continued to increase. Based on the analysis of multiple linear regression result that tourist attractions and tourist motivation variables significantly effects simultaneously and partially toward visiting decision variabel. The test results showed the dominant influence is tourist motivation, so this study can be used as a form of information for the management of natural tourism of Ijen Crater in conducting promotional activities. Promotional activities are used to allow more domestic tourists to know and interested the uniqueness of Ijen crater. And finally will affect the visiting decision to natural tourism of Ijen Crater.

Keywords: Tourist Attractions, Tourist Motivation, Visiting Decision.

ABSTRAK

Jumlah kunjungan ke Kawah Ijen menurut data terakhir  meningkat setiap tahunnya, hal itu perlu diimbangi dengan pengembangan destinasi yang akan berdampak pada peningkatan jumlah kunjungan, lama kunjungan, pengeluaran wisatawan. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan pengembangan destinasi, sebagai sarana pengembangan atraksi wisata dan fasilitas destinasi serta sebagai bahan pembuatan strategi promosi guna menjaga jumlah kunjungan ke wisata alam Kawah Ijen terus meningkat. Hasil analisis data mengunakan regresi linier berganda, variabel atraksi wisata dan motivasi wisatawan menunjukkan pengaruh yang signifikan baik secara bersama-sama dan individu terhadap keputusan berkunjung wisatawan, dan juga analisis berhasil menunjukan variabel motivasi wisatawan memiliki pengaruh dominan. Atas dasar itu hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai suatu acuan bagi pengelola wisata alam Kawah Ijen dalam melakukan kegiatan promosi. Kegiatan promosi digunakan agar lebih banyak wisatawan domestik yang mengetahui dan tertarik dengan keunikan yang dimiliki oleh wisata alam Kawah Ijen. Pada akhirnya akan mempengaruhi wisatawan terhadap keputusan berkunjung ke wisata alam Kawah Ijen.

Kata Kunci : Atraksi Wisata,  Motivasi Wisatawan, Keputusan Berkunjung.

Downloads

Published

2017-01-31

Issue

Section

Articles