PENGARUH ATRIBUT RUMAH MAKAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Konsumen Rumah Makan Terminal Mie, Malang)

Authors

  • Tanti Kusrini
  • Suharyono Suharyono
  • M. Kholid Mawardi

Abstract

The purpose of this research are to determine the effect of restaurant attributes on consumers’ purchasing decision, and to explain the dominant variable on purchasing decision. Method survey used a sample survey, with a structured questionnaire as a research instrument, located at Terminal Mie Noodle House, Malang. 115 guests collected as respondents and the data was analyzed by statistical analysis. Desriptive analysis was used, and multiple regression with five variables, they were food, convenience, atmosphere, service, and purchasing decision. The result shows that there is significant and positive correlation between restaurant attributes and purchasing decision. Result  also showed that service is the  dominant variable affected for purchasing decision. The results could be advantage utility for restaurant owner or manager to maximize their resources better, and  about to develope strategies for better service that will increase the purchasing decision level. The next research could be conducted by focusing more on different type of restaurant, whether main-course restaurant or appetizer restaurant.

Keywords: restaurant attributes, purchasing decision

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan pengaruh atribut rumah  makan terhadap keputusan pembelian, dan menjelaskan variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian. Metode yang digunakan adalah survei sampel, dengan kueisioner berstuktur sebagai instrumen penelitian berlokasi di Rumah Makan Terminal Mie, Malang. Data dari 115 konsumen dikumpulkan untuk analisis statistik. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini  adalah analisis deskriptif dan regresi berganda. Adapun variabel yang diteliti antara lain makanan, kenyamanan, atmosfer, pelayanan, dan keputusan pembelian. Hasil menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara atribut rumah makan dengan keputusan pembelian. Hasil juga mengindikasikan bahwa pelayanan adalah variabel dominan yang mempengaruhi keputusan pembelian. Hasil penelitian diharapkan mampu menjadi alat yang membantu pengelola rumah makan dalam menginvestasikan sumber daya dengan lebih efisien, dan untuk mengembangkan strategi demi mewujudkan pelayanan yang lebih baik dalam rangka meningkatkan level keputusan pembelian. Riset selanjutnya diharapkan lebih fokus pada rumah makan dengan tipe berbeda, baik rumah makan yang menyediakan main-course atau appetizer.

Kata kunci: Atribut rumah makan, Keputusan Pembelian


Downloads

Published

2017-01-24

Issue

Section

Articles