ANALISIS SISTEM DAN PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT KEPEMILIKAN RUMAH (KPR) BTN BERSUBSIDI DALAM USAHA MENDUKUNG PENGENDALIAN MANAJEMEN KREDIT (Studi Pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Kediri)

Authors

  • Wulan Angka Sari
  • Raden Rustam Hidayat
  • Dwiatmanto Dwiatmanto

Abstract

This study aimed to identify the weaknesses of the provision of subsidized KPR BTN exist in PT. State Savings Bank (Persero) Tbk, Kediri Branch. This type of research in this study was descriptive. Analysis of the data is made by analyzing the systems and procedures that are applied Subsidized KPR BTN BTN branch in Kediri start the loan application procedure until the credit monitoring process. The data analysis was also done on the loans based on credit management control aspects. This research produced there are systems and procedures applied Subsidized KPR BTN BTN kediri branches still have a position in which the duties and functions of many operated by parts Loan Service (LS). Then to duplicate an existing document in the procedures for granting subsidized KPR BTN yet their second interview procedures that should be in theory, and the document is lacking in the trap, and have not applied appraiser Appraisal Company as collateral. Suggestions to this research is the time the loan application should be personally competent LS assisted by Loan Service Officer (LSO) in carrying out the duties and responsibilities of granting subsidized KPR BTN. Another suggestion is, the interview procedure conducted two (2) phases to better know the seriousness of the prospective borrower in applying for a loan.

Keywords: Distribution,9Mortagage0Loan9BTN7Subsidized,9Credit9Management.

ABSTRACT

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kelemahan dari pemberian KPR BTN Bersubsidi yang ada pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Cabang Kediri. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah deskriptif. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan cara menganalisis sistem dan prosedur KPR BTN Bersubsidi yang diterapkan BTN cabang Kediri mulai dari prosedur permohonan kredit sampai dengan proses monitoring kredit. Analisis data juga dilakukan pada bagian kredit berdasarkan aspek pengendalian manajemen kredit. Penelitian ini  menghasilkan  masih terdapat sistem dan prosedur KPR BTN Bersubsidi yang diterapkan BTN cabang kediri masih ada perangkapan jabatan yang mana tugas dan fungsi masih banyak dioperasionalkan oleh bagian Loan Service (LS). Kemudian untuk rangkap dokumen yang ada dalam prosedur pemberian KPR BTN Bersubsidi belum adanya prosedur wawancara 2 yang seharusnya ada dalam teori, dan dokumen yang kurang dalam perangkapnya, serta belum menerapkan Appraisal Company sebagai penilai jaminan. Saran terhadap penelitian ini adalah saat permohonan kredit sebaiknya personal yang berkompeten LS dibantu oleh Loan Service Officer (LSO) dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab pemberian KPR BTN Bersubsidi. Saran lain yaitu, prosedur wawancara dilakukan 2 (dua) tahap untuk lebih mengetahui keseriusan calon debitur dalam mengajukan kredit.

Kata Kunci : Penyaluran, Kredit Pemilikan Rumah BTN Bersubsidi, Manajemen Kredit


Downloads

Published

2016-12-21

Issue

Section

Articles