PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP CITRA MEREK SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013 dan 2014 Konsumen Produk Kosmetik Wardah)

Authors

  • Shabrina Aqmarina
  • Srikandi Kumadji
  • Andriani Kusumawati

Abstract

The aims of this research is to investigate and explain the effect of celebrity endorser on brand image; the influence celebrity endorser on purchase decisions; and the influence brand image on purchase decisions. The research method was conducted by explanatory research with quantitative approach. The participants of this research are female undergraduate students class of 2013 and 2014 of Adminstrative Science Faculty, Brawijaya University consumer products Wardah Cosmetic. The total sample is 116 respondents. The sampling technique was employed purposive sampling and questionare was used for collecting data. Analysis of the data in this research was using descriptive analysis and path analysis.Results showed that celebrity endorser has direct influence on purchase decisions, celebrity endorser has direct influence on brand image, brand image has direct influence on purchase decisions.

Keywords: Celebrity Endorser, Brand Image, Purchase Decision

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser, citra merek Wardah terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Ukuran sampel sebanyak 116 orang responden Mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013 dan 2014 konsumen produk kosmetik Wardah dengan menggunakan teknik purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah analisis jalur (analysis path). Hasil penelitian menunjukkan bahwa celebrity endorser dan citra merek secara simultan dan parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen kosmetik Wardah. Disarankan kepada pemasar untuk memperbanyak tampilan ketujuh celebrity endorser dalam iklan, selain itu berdasarkan saran dari responden pemasar dapat menambahkan celebrity endorser yang berusia muda karena lebih dikenal oleh konsumen usia remaja terutama mahasiswa sebagai pangsa pasar yang besar sehingga dapat meningkatkan keputusan pembelian.

Kata Kunci : Celebrity Endorser, Citra Merek, Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2016-10-14

Issue

Section

Articles