PENGARUHiCITYiBRANDINGiTERHADAPiCITYiIMAGEiSERTAiDAMPAKNYA PADAiKEPUTUSANiBERKUNJUNGiWISATAWANiKEiKOTAiMALANG

Authors

  • Wiwied Sulistyaningtyas
  • M. Kholid Mawardi
  • Edriana Pangestuti

Abstract

Cities all over world include more and more marketing techniques and methods to market their tourism potential. One of that marketing techniques is create city branding. This0researchwmethod uses0explanatory research with quantitativeiapproach. Simple random sampling was used in this research and the respondent isw112wtourist. This Research used questionnaires,idescriptive analysis,iand path analysis. The results of this research revealed that city branding has a significant impact to cityiimage, cityiimage has a significant impact with visiting decision and the city0branding has indirect0significant impact toward visitingodecision. Therefore,0Malang0City0government needs furtheroenhance “Beautiful Malangâ€, so it will become famous among local people and others.

Keyword: City0Branding, City0Image, Visiting0Decision

ABSTRAK

Kota-kota di seluruh dunia kini berusaha memasarkan pariwisatanya dengan berbagai macam teknik marketing. Salah satu teknik marketing tersebut adalah branding kota. Penelitian ini berjenis explanatory research dan pendekatan kuantitatif. Responden berjumlah 112 orang dengan teknik Simple random sampling dan menyebar kuesioner.0Analisis deskriptif dan analisis jalur (pathianalysis) digunakan dalam penelitian ini dan hasil menunjukkan bahwa cityibranding berpengaruh signifikan terhadap city0image, city image berpengaruhosignifikan terhadap keputusan berkunjung, dan cityibranding berpengaruh tidak langsung signifikan0terhadap keputusan berkunjung dengan citywimage sebagai0mediator. PemerintahiKota Malang sebaiknya lebih meningkatkan lagi promosi “BeautifulwMalang†agar lebih dikenal luas oleh masyarakat dan wisatawan.

Kata0Kunci: City0Branding,0City Image,0Keputusan Berkunjung

 

Downloads

Published

2016-10-10

Issue

Section

Articles