ANALISIS CITRA MEREK BERDASARKAN COUNTRY OF ORIGIN (Studi Tentang Citra Merek Smartphone Asal Amerika Serikat Dan Asal China Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya)

Authors

  • Muhammad Fardan Al Fatih
  • Suharyono Suharyono
  • M. Kholid Mawardi

Abstract

The needs of technology, especially in the telecommunication sector is very high nowdays, making the market of smartphone become more competitive among the global companies. One of the biggest company in smartphone’s market are from United States of America and China. There are a difference image of the company from United States and China, Whereas the company from United Stated produce their product in China for the purpose of effectiveness and efficiency.The purpose of this study is to determine the brand image of the smartphone from United States and China and it’s forming factors. This research was conducted by interviewing the students of Brawijaya University who have an experience with the smartphone’s brands from United States and China. Data analysis technique was done by dividing the participants into three group by their experience of brand image’s original country. All of the participants were interviewed with the same question, the the results were analyzed, after that the conclusion were used to achieve the objectives of the research. The results show that the smartphone’s brand image from United States are exclusive and has its own prestige, while China had an issues that their product believed to easily damage, but nowdays believed has a good quality and a cheaper price. The forming factors are consumers psychology and international brand image. Keywords : Key word: Brand Image , Country og Origin. ABSTRAK Kebutuhan akan penggunaan teknologi telekomunikasi saat ini sangatlah tinggi, membuat pasar smartphone menjadi sangat ketat persaingannya antar perusahaan di pasar global. Salah satunya adalah perusahaan yang berasal dari Amerika Serikat dan China. Terdapat perbedaan citra antara perusahaan yang berasal dari Amerika serikat dan China, padahal perusahaan Amerika Serikat melakukan proses produksinya di China agar lebih efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui citra merek smartphone yang berasal dari Amerika Serikat dan China, serta mengetahui faktor yang mendasari pembentukan citra merek tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan mewawancarai mahasiswa Universitas Brawijaya yang memiliki pengalaman dengan smartphone dari merek asal Amerika Serikat dan China. Teknik analisis data dilakukan dengan membagi partisipan menjadi tiga kelompok. Seluruh partisipan diwawancarai dengan pertanyaan yang sama, kemudian hasil wawancara dianalisis dan ditarik kesimpulan untuk mencapai tujuan penelitian yang ada. Hasil penelitian menujukan bahwa citra merek dari smartphone  asal Amerika Serikat terkesan eksklusif dan memiliki prestige tersendiri, sedangkan China memiliki isu bahwa produknya mudah rusak, namun isu tersebut mulai pudar. Smartphone dari merek asal China saat ini terkesan berkualitas dan memiliki harga yang relatif lebih murah. faktor yang mendsari pembentukan citra tersebut tidak adalah psikologi konsumen dan citra merek internasional. Kata Kunci: Citra Merek, Country of Origin

Downloads

Published

2016-10-05

Issue

Section

Articles