PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Pada Restoran Kayu Manis Tuban)

Authors

  • Wira Setyo Wulan
  • M. Kholid Mawardi
  • Edriana Pangestuti

Abstract

The research aims to determine the effect of: Services Marketing Mix variable to buying decision variable, Services Marketing Mix variable to customer satisfaction variable, Buying Decision Variable to customer satisfaction variable, Service Marketing Mix variable to variable customer satisfaction variable through the buying decision variable. The method using explanatory research with quantitative approach. Customer of Kayu Manis Restaurant is the population of this research, with 113 respondents for the samples and using purposive sampling technique. The method of collecting data is done by distributing questionnaires and documentation, the analysis method used is descriptive analysis and path analysis. The result of path analysis that was obtained is service marketing mix variable has a significant influence to buyng decision variable. Service marketing mix variabel has a significant influence to customer satisfaction variable. Buying decision variable has a signifcant influence to customer satisfaction variable. The standardized coefficients obtained from the Indirect Effect of 0.359. It can be concluded that buying decision take a role in the relationship between service marketing mix variable and customer satisfaction variable in Kayu Manis restaurant.

Keywords : Service Marketing Mix, Buying Decision, Customer Satisfaction

ABSTRAK

Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh: variable bauran pemasaran jasa terhadap variabel keputusan pembelian, variabel bauran pemasaran jasa terhadap variabel kepuasan pelanggan, variabel keputusan pembelian terhadap variabel kepuasan pelanggan, variabel bauran pemasaran jasa terhadap variabel kepuasan pelanggan restoran Kayu Manis dengan keputusan pembelian sebagai variabel mediasi. Metodenya yaitu penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Pelanggan restoran Kayu Manis merupakan populasi pada penelitian ini, dengan jumlah sampel 113 responden dan menggunakan teknik pengamblan sampel purposive sampling. Methode pengumpulan data berupa kuesionner dan dokumentasi, metode analisis yang digunakan adalah analisisdeskriptif dan analisis jalur. Hasil analisis jalur yang diperoleh bahwa variabel bauran pemasaran jasa berpengaruh sighnifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Variabel bauran pemasaran jasa berpengruh signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan. Variabel keputusan pembelian berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan. Koefisien jalur yang diperoleh dari hasil Indirect Effect sebesar 0,359. Kesimpulannya adalah keputusan pembelian berperan dalam hubungan dengan variable bauran pemasaran jasa dan variabel kepuasan pelanggan restoran Kayu Manis.

Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian, Kepuasan Pelanggan

 

Downloads

Published

2016-09-26

Issue

Section

Articles