ANALISIS DAN DESAIN SISTEM INFORMASI PEMASARAN (Studi pada Sistem Informasi Pemasaran untuk Promosi CV. Intan Catering)

Moh. Khafid Taufani, . Riyadi, Rizki Yudhi Dewantara

Abstract


The purpose of this research is to understand about the description of marketing information systems that is applied in CV. Intan Catering and to analyze the problems of current systems to perform development in the form of new marketing information systems design for promotion. This research was conducted in the marketing department of CV. Intan Catering located in the district Pandaan – Pasuruan. The type of this research is qualitative research with action research approach. The source of data used are primary data and secondary data, obtained by using data collection methods such as observation, interviews, and documentation. The conclusion is CV. Intan Catering is still using the conventional model of marketing information systems which has many weaknesses. The weaknesses include the brochure less effective and efficient in providing information to the prospect customer; recommendation of existing customers is less supported with complete source of information that can be provided when required; marketing scope is limited; computers and networks are not yet fully maximized. The design of web based marketing information systems for promotions can be implemented by CV. Intan Catering as an attempt to overcome the problem of continuity of the current marketing in providing information about the products offered.

Key Words: Marketing Information Systems, Promotion, Web

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sistem informasi pemasaran yang diterapkan pada CV. Intan Catering dan menganalisis permasalahan terhadap sistem saat ini untuk dilakukan pengembangan berupa desain sistem informasi pemasaran untuk promosi. Penelitian ini dilakukan di bagian pemasaran CV. Intan Catering yang berlokasi di kecamatan Pandaan – Pasuruan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan action research. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi pemasaran pada CV. Intan Catering masih menggunakan model konvensional yang masih memiliki berbagai kelemahan. Kelemahan tersebut diantaranya adalah brosur kurang efektif dan efisien dalam memberikan informasi kepada prospect customer; rekomendasi dari existing customer kurang didukung dengan sumber informasi yang lengkap yang dapat diberikan ketika dibutuhkan; jangkauan pemasaran yang terbatas; komputer dan jaringan yang ada belum dimanfaatkan. Desain sistem informasi pemasaran untuk promosi berbasis Web dapat diimplementasikan oleh CV. Intan Catering sebagai upaya untuk mengatasi masalah kontinuitas pemasaran saat ini dalam memberikan informasi mengenai produk yang ditawarkan.

Kata Kunci: Sistem Informasi Pemasaran, Promosi, Web


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.