ANALISIS PERAN TOURIST INFORMATION CENTRE (TIC) TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN WISATAWAN MENGUNJUNGI OBYEK DAN KAWASAN WISATA (Studi Pada TIC Malioboro, Yogyakarta)

Authors

  • Inten Setio Gianina
  • Arik Prasetya
  • Rizki Yudhi Dewantara

Abstract

This research was conducted on the basis of the phenomenon of tourist’s needs with regard to travel information. One way to provide the information needs is to establish Tourist Information Centre (TIC). The method used is descriptive with qualitative approach and supported by quantitative approach. The purpose of this study is to analyze the role of TIC Malioboro, knowing the great influence of the TIC Malioboro’s role with tourist’s decision, and parse supporting and inhibiting factors in TIC Malioboro’s role for influencing tourist’s decision. TIC Malioboro’s role which has a major role as a transmitter of travel information. There is also another role are to assist and facilitate tourist travel, increasing the number of visits, extension of the stakeholders, promotion, and collecting tourist’s data. This role has an influence on decision-rating of 39.8%, while 60.2% are influenced by other factors. The supporting factors in TIC Malioboro’s role are staff’s performance, position, and recommandation. The inhibiting factors are staff’s communication skill, budget, and new regulation.

Keyword: Tourist Information Centre (TIC), Role, Supporting and Inhibiting Factors

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan atas dasar fenomena kebutuhan wisatawan berkaitan dengan informasi wisata. Salah satu cara menyediakan kebutuhan informasi adalah dengan mendirikan Tourist Information Centre (TIC). Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif didukung dengan kuantitatif.Tujuan penelitian ini adalah menganalisis peran TIC Malioboro, mengetahui besar pengaruh peran TIC Malioboro terhadap keputusan wisatawan, dan mengurai faktor pendukung dan penghambat peran TIC Malioboro dalam mempengaruhi keputusan wisatawan. TIC Malioboro memiliki peran utama sebagai penyampai informasi wisata. peran lain yaitu membantu dan mempermudah perjalanan wisatawan, meningkatkan jumlah kunjungan, perpanjangan tangan stakeholder, media promosi, dan mengumpulkan data wisatawan. peran tersebut memiliki pengaruh terhadap keputusan wisatawan sebesar 39,8%, sementara 60,2% dipengaruhi oleh faktor lain. faktor pendukung peran TIC adalah dari kinerja staff, posisi, dan rekomendasi. Faktor penghambatnya adalah dari kemampuan komunikasi staff, anggaran, dan peraturan baru.

Kata kunci: Tourist Information Centre (TIC), Peran, Faktor Pendukung dan Penghambat

Downloads

Published

2016-09-08

Issue

Section

Articles