FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EMPLOYEE ENGAGEMENT GENERASI Y (Studi Pada Karyawan PT Unilever Indonesia Tbk-Surabaya)

Authors

  • Lia Anggraini
  • Endang Siti Astuti
  • Arik Prasetya

Abstract

This research aims to analyze and explain factors that influencing employee engagement owned by Generation Y or called Gen Y. Factors in this research included organization culture, reward, and personal resources. The kind of research used in this research is an explanation or explanotory research with a quantitative approach. The variable in this research are organization culture, reward, and personal resources  as independent variables and employee engagement as the dependent variable. This research uses questionnaire as primer data. Data analysis method used descriptive analysis and multiple linear regression analysis. The results of this research showed;1) Simultaneously, there are a positive and significant effect between organization culture rewards, and personal resources to employee engagement (Y); 2) Partially, organization culture, rewards , and Personal resources  were positively  and significantly influential to employee engagement shown by Gen Y.

Keyword: Employee Engagement, Organization Culture, Rewards, Personal Resources, Gen Y.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan menjelaskan: faktor-faktor yang mempengaruhi employee engagement atau keterikatan karyawan yang dimiliki oleh karyawan generasi Y (disebut juga Gen Y). Faktor-faktor tersebut meliputi budaya oragnisasi, reward, dan personal resources. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian penjelasan atau explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah budaya organisasi, reward, dan personal resources sebagai variabel bebas dan employee engagement sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebar pada karyawan Gen Y sebagai data primer. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan dari variabel budaya organisasi, reward, dan personal resources terhadap variabel employee engagement; 2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial dari variabel budaya organisasi  , reward, dan personal resources terhadap employee engagement yang dimiliki oleh Gen Y.

Kata kunci: Employee Engagement, Budaya Organisasi, Reward, Personal Resources, Gen Y


Downloads

Published

2016-09-06

Issue

Section

Articles