ANALISIS PERBANDINGAN PRODUK MEREK GLOBAL DAN MEREK LOKAL TERKAIT BAURAN PEMASARAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Mahasiswa S1 Universitas Brawijaya Angkatan 2012-2014 yang Menggunakan Produk Make Up Merek Maybelline dan Wardah)

Authors

  • Yuwan Julianingtias
  • . Suharyono
  • Yusri Abdillah

Abstract

This research is aimed to determine the effect of the concept of the global marketing mix i.e standardization / adaptation on local consumer purchasing decision, and inquiring about which variable that has a dominant influence. This research is also investigating the difference between the effect of the global marketing mix to local consumer purchasing decisions by conducting a survey on students who buy products make up of Maybelline and Wardah. Independent variables used in this study are the Product, Price, Distribution, and Promotion, and the dependent variable in this study is the purchase decision. The type of this research is explanatory research with quantitative approach. Location of the study conducted at the University of Brawijaya, Malang. Data analysis technique is using descriptive analysis, regression analysis, and comparative analysis. The results of this research shows that Products, Price, Distribution, and Promotion are influencing Purchase Decision either simultaneously or partially. Promotion is found as a dominant one. Based on comparative analysis, the results shows that there was no significant difference between the effects of Product, Price, Distribution, and Promotion on Maybelline and Wardah to the purchase decision

Keywords: global marketing mix, standardization, adaptation, purchasing decision, product, price, distribution, promotion

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari konsep bauran pemasaran global (standardisasi/ adaptasi) terhadap keputusan pembelian konsumen lokal, dan mengetahui variabel yang memiliki pengaruh dominan, serta untuk mengetahui perbedaan antara pengaruh bauran pemasaran global terhadap keputusan pembelian konsumen lokal dengan melakukan survei pada mahasiswa yang membeli produk make up merek Maybelline dan Wardah. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Produk, Harga, Distribusi, dan Promosi, dan variabel dependen dalam penelitian ini adalah Keputusan Pembelian. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Universitas Brawijaya, Malang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi, dan analisis komparatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Produk, Harga, Distribusi, dan Promosi berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian baik secara simultan maupun parsial. Dari semua variabel independen, Promosi berpengaruh paling dominan, dan hasil dari analisis komparatif menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pengaruh variabel Produk, Harga, Distribusi, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Maybelline dan Wardah.

Kata Kunci: bauran pemasaran global, standardisasi, adaptasi, keputusan pembelian, produk, harga, distribusi, promosi

Downloads

Published

2016-08-31

Issue

Section

Articles