ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PEMBENTUK ELECTRONIC WORD-OF-MOUTH (eWOM) DAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT BELI (Survei pada Followers Akun Instagram @saboten_shokudo)

Authors

  • Firman Dwi Cahyono
  • Andriani Kusumawati
  • Srikandi Kumadji

Abstract

This study aims to determine on what factors formed Electronic Word-of-Mouth (eWOM), to determine the effect factors of eWOM to buying intention, and to describe dominant factors of eWOM towards buying intention. This type of research is explanatory research with quantitative approach. The sample used the research was 108 people chosen with purposive sampling and data collection methods in questionnaire. Data analysis used factor analysis and multiple regression analysis. The results shows that five factors formed of Electronic Word-of-Mouth (eWOM) consist of Platform Assistance, Expressing Positive Feelings, Economic Incentives, Helping the Company, and Concern for Others. Those five factors has significantly effect towards buying intention. From this analysis concluled that Concern for Others is dominant factor formed Electronic Word-of-Mouth (eWOM).

Keywords: Electronic Word-of-Mouth (eWOM), Instagram, Buying Intention

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor yang membentuk Electronic Word-of-Mouth (eWOM), untuk menjelaskan pengaruh faktor-faktor yang terbentuk terhadap minat beli, dan untuk mengetahui faktor yang dominan dalam mempengaruhi minat beli. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 108 orang responden dengan menggunakan teknik purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis faktor dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat lima buah faktor yang membentuk Electronic Word-of-Mouth (eWOM), yaitu Platform Assistance, Expressing Positive Feelings, Economic Incentives, Helping the Company, dan Concern for Others. Kelima faktor tersebut berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa faktor Concern for Others merupakan faktor dominan dalam mempengaruhi minat beli.

Kata kunci: Electronic Word-of-Mouth (eWOM), Instagram, Minat Beli


Downloads

Published

2016-08-24

Issue

Section

Articles