PENERAPAN PENDEKATAN RGEC (RISK PROFILE, GOOD CORPORATE GOVERNANCE, EARNING DAN CAPITAL) DALAM MENGANALISIS KINERJA BANK UNTUK MENGETAHUI TINGKAT KESEHATAN BANK (Studi kasus PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Periode 2013-2015)

Authors

  • . Fitrawati
  • Muhammad Saifi
  • . Zahroh Z. A

Abstract

The good performance of bank is required to maintain public confidence so the health bank level is maintained. This research’s purpose is to knowing and analyzing the health level and the performance of PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. using the approach of RGEC (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings and Capital) period of 2013-2015. The method used in this research is descriptive method with quantitative approach. The result of this research are assessment of performance and health levels on Risk Profile’s factors as measured by the ratio of NPL and the ratio of IRR overall can be categorized as good, but in ratio of LDR was not good because it has a very high LDR. Assessment of performance and health levels on Good Corporate Governance (GCG)’s factors overall can be categorized as good. Assessment of performance and health levels on Earning’s factors that was measured using ROA ratio can be categorized as good, despite a downgrade in 2014. The ratio of NIM can be categorized as excellent. Assessment of performance and health levels on Capital’s factor that are measured using the CAR can be categorized as excellent.

Keywords:  Performance Bank, Bank Health Level, Risk Profile, Good Corporate

Governance, Earning, and Capital (RGEC) Method

ABSTRAK

Kinerja bank yang baik diperlukan untuk menjaga kepercayaan masyarakat sehingga tingkat kesehatan bank tetap terjaga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serta menganalisis kinerja dan tingkat kesehatan PT. Bank Tabungan Negara (BTN) (Persero) Tbk. dengan menggunakan pendekatan RGEC (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earning, dan Capital.) periode 2013-2015. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian  deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil akhir dari penelitian ini adalah penilaian kinerja dan tingkat kesehatan PT. Bank Tabungan Negara (BTN) (Persero) Tbk. pada faktor Risk Profile yang diukur dengan rasio NPL dan IRR secara keseluruhan dapat dikategorikan baik, sedangkan pada rasio LDR dapat dikategorikan tidak baik karena memiliki LDR yang sangat tinggi. Penilaian kinerja dan tingkat kesehatan pada faktor Good Corporate Governance (GCG) secara keseluruhan dapat dikategorikan baik. Penilaian kinerja dan tingkat kesehatan pada faktor Earning yang diukur dengan menggunakan Rasio ROA dapat dikategorikan baik, walaupun sempat mengalami penurunan peringkat pada tahun 2014. Rasio NIM dapat dikategorikan sangat baik. Penilaian kinerja dan tingkat kesehatan pada faktor Capital yang diukur dengan menggunakan rasio CAR dapat dikategorikan sangat baik.

Kata Kunci      : Kinerja Bank, Tingkat Kesehatan Bank, Metode Risk Profile, Good Corporate

Governance, Earning, dan Capital (RGEC)


Downloads

Published

2016-08-18

Issue

Section

Articles