UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN MELALUI BAURAN PROMOSI PADA PT. SUMBER CIPTA (DJARUM) DSO MALANG.

Authors

  • Monica Dian Constantine
  • Imam Suyadi
  • Fransisca Yaningwati

Abstract

The development of rapidly growing business in this globalization era, marked by economic development in all fields that led to intense competition, one of which is the cigarette industry. Promotion is one of the factors determining the success of a marketing program, while the main purpose of the campaign is to inform, influence and persuade, and remind target customers about the company and marketing mix (Tjiptono, 2002: 221). According Swasta (2002: 238) the promotional  mix is ​​the best strategic combination of variables advertising, personal selling, and other promotional tools all of which are planned to achieve sales program. Promotion is important because even though the quality of the products offered have been good or has good distribution channels and strategic location, everything is not very meaningful without the support of the promotion strategy. This study measured how big a role Promotional Mix to increased sales volume every year for three years starting from the year 2011 until 2013. The location of this research was conducted at PT. Sumber Cipta (Djarum) DSO Malang Key word: Promotion Mix, Sales Volume ABSTRAK Perkembangan dunia bisnis yang semakin pesat di era globalisasi seperti sekarang ini, yang ditandai dengan perkembangan ekonomi di segala bidang sehingga memunculkan persaingan yang ketat, salah satunya adalah industri rokok. Promosi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu program pemasaran, sedangkan tujuan utama dari promosi adalah mempengaruhi, menginformasikan dan mengingatkan serta membujuk pelanggan sasaran tentang perusahaan dan bauran pemasaranya (Tjiptono, 2002:221). Menurut Swasta (2002:238) bauran promosi adalah kombinasi strategis yang terbaik dari berbagai variabel seperti periklanan, penjualan pribadi, dan alat promosi lainya yang direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan. Promosi menjadi penting karena meskipun produk yang ditawarkan sudah berkualitas baik atau mempunyai saluran distribusi yang bagus serta lokasi yang strategis, semuanya tidak terlalu berarti tanpa didukung oleh strategi promosi.  Penelitian ini mengukur seberapa besar peranan Bauran Promosi terhadap peningkatan volume penjualan setiap tahunnya selama tiga tahun mulai dari tahun 2011 sampai tahun 2013. Lokasi penelitian ini dilakukan di PT. Sumber Cipta (Djarum) DSO Malang. Kata kunci: Bauran Promosi, Volume Penjualan.

Downloads

Published

2016-08-01

Issue

Section

Articles