ANALISIS KELAYAKAN USAHA DALAM RANGKA RENCANA PENGEMBANGAN USAHA (Studi Kasus Pada PO. Zena Pariwisata Malang)

Authors

  • Ashfa Durri
  • Muhammad Saifi
  • Devi Farah Azizah

Abstract

Company generally always wanted to grown to be bigger for exist in the future. One of the way that can be used by company is purchasing fixed asset such as vehicle. A feasibility study need to be done by the company when had a development business plan, so that plans can be successfully in accordance with desire. This research aims to determine the feasibility of a business development plan in order to be performed by PO. Zena Pariwisata Malang. This research was descriptive case study approach. This research focuses on market and marketing aspects, management and organization aspects, and financial aspect of the assessment tool that consist of Average Rate of Return, Payback Period, Net Present Value, Profitability Index, and Internal Rate of Return. Interview and documentations of the data collection techniques used in this study. The results obtained show that the company is feasible to perform business development based on assessment of market and marketing aspects, management and organization aspects, and financial aspect.

Keywords: Market Aspect, Organization Aspect, Financial Aspect, Net Present Value, Fixed Assets

ABSTRAK

Perusahaan pada umumnya selalu menginginkan untuk berkembang menjadi lebih besar untuk menjaga kelangsungan hidup di masa yang akan datang. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan adalah dengan melakukan pembelian aktiva tetap baru berupa kendaraan. Sebuah studi kelayakan perlu untuk dilakukan pada saat perusahaan memiliki rencana untuk melakukan pengembangan usaha tersebut agar rencana dapat dilakukan dengan berhasil dan sesuai dengan yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan usaha dalam rangka rencana pengembangan usaha yang akan dilakukan oleh PO. Zena Pariwisata Malang. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini berfokus pada aspek pasar dan pemasaran, aspek manajemen dan organisasi, serta aspek keuangan dengan alat penilaian kelayakan yang terdiri dari  Average Rate of Return, Payback Period, Net Present Value, Profitability Index, dan Internal Rate of Return. Wawancara dan dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa perusahaan layak untuk melakukan pengembangan usaha berdasarkan penilaian aspek pasar dan pemasaran, aspek manajemen dan organisasi, serta aspek keuangan.

Kata Kunci: Aspek Pasar, Aspek Organisasi, Aspek Keuangan, Net Present Value, Aktiva Tetap

 

Downloads

Published

2016-07-13

Issue

Section

Articles