PENGARUH PERLUASAN MEREK TERHADAP CITRA MEREK DAN DAMPAKNYA TERHADAP MINAT BELI (Survei pada Pengguna Produk Induk Merek Lifebuoy pada Mahasiswa S1 dan D3 Universitas Brawijaya )

Authors

  • Husein Azis Rifai
  • Srikandi Kumadji
  • Edy Yulianto

Abstract

This study aims to identify and explain the effect of brand extension to the brand image , brand image to purchase intention and brand extension to purchase intention . This type of research used in this research is the explanation (explanatory research). This study uses a quantitative approach that is formed from a number of theoretical concepts hypotheses and assumptions before collecting field data. Brand extension is examined in this study is the brand Lifebuoy. The population in this study were students S1 and D3 Brawaijaya University of Malang that use the parent product brand Lifebuoy. The samples used in this study was 117 respondents. The sampling technique used in this study is a non-probability sampling. How sampling with purposive sampling. The instrument of this research by using questionnaires. The analysis used is descriptive analysis and path analysis (path analysis). The results of this study indicate the brand extension is shown to have a significant influence on brand image. Brand image is shown to have a significant influence on purchase intention. Brand extension is shown to have a significant  influence on purchase intention. Brand image is proven as an intervening variable in the relationship between the expansion of the brand with the buying interest.

Keywords: Brand Extension, Brand Image, Purchase Intention.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh perluasan merek terhadap citra merek, citra merek terhadap minat beli dan perluasan merek terhadap minat beli. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif yang dibentuk dari sejumlah konsep teori hipotesis, dan asumsi sebelum mengumpulkan data lapangan. Perluasan merek yang diteliti dalam penelitian ini adalah merek Lifebuoy. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 dan D3 Universitas Brwaijaya Kota Malang yang menggunakan produk induk merek Lifebuoy. Jumlah sampel sejumlah 117 orang responden. Teknik pengambilan sampel yaitu non-probability sampling. Cara pengambilan sampel dengan purposive sampling. Instrumen penelitian ini dengan menggunakan angket. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analisis). Hasil penelitian ini menunjukkan perluasan merek terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap citra merek. Citra merek terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli. Perluasan merek terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli. Citra merek terbukti sebagai variabel intervening dalam hubungan antara perluasan merek dengan minat beli.

Kata Kunci: Perluasan Merek , Citra Merek, Minat Beli.

Downloads

Published

2016-06-20

Issue

Section

Articles