ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PSIKOLOGI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2013/2014 Universitas Brawijaya Malang yang Pernah Membeli dan Menggunakan Smartphone Samsung)

Authors

  • Jihan Khalida
  • Srikandi Kumadji
  • Edy Yulianto

Abstract

This research aims to describe the factors influence the consumer’s psychological,  describe the influence of the factors in consumer’s psychological, and to describe the dominant factor in consumer’s psychological toward buying decision. Research type used in this research is explanatory research with quantitative approach. The population is Faculty of Administration’s Student, University of Brawijaya Malang. The sample technique that is used is purposive sampling. The sample in this research is 121 respondent. Methods used in collecting data is spread questionnaires. Analysis of the data used is descriptive analysis, factor analysis, multiple regression analysis, and partial regression analysis. The results obtained from analysis, there are six factors influence the consumer’s psychological, such as Attitude Factor, Learning Factor, Perception Factor, Believe Factor, Motivation Factor, And Communication is Needed Factor. These six factors are jointly having significant influence on Buying Decision with Adjusted R square of 0,442 and significance level of 0,000 (p≤0.05). These six factors are partially having significant influence on Buying Decision by the regression coefficient (B) respectively: 1.782, 0.683, 0.665, 0.466, 0.455, and 0.931 and significance of 0.000, 0.006, 0.005, 0.045, 0.050, 0.000 (p≤0.05). The dominant factor is the Attitude Factor can be seen from higher Beta value of 0,530. Keywords: Motivation, Perception, Learning, Belief, Attitude, Buying Decision ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi psikologi konsumen, untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh faktor-faktor yang terbentuk terhadap keputusan pembelian, dan untuk mengetahui faktor yang dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 121 orang responden. Metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis faktor, analisis regresi linier berganda, dan analisis regresi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam faktor yang mempengaruhi psikologi konsumen, yaitu Faktor Sikap, Faktor Pembelajaran, Faktor Persepsi, Faktor Keyakinan, Faktor Motivasi, dan Faktor Kebutuhan Berkomunikasi. Keenam faktor tersebut secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan Adjusted R Square sebesar 0,442 dan signifikansi 0,000 (p≤0,05). Kelima faktor tersebut secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai koefisien regresi (B) masing-masing: 1,782; 0,638; 0,665; 0,466; 0,455; dan 0,931 dan signifikansi masing-masing 0,000; 0,006; 0,005; 0,045; 0,050; 0,000 (p≤0,05). Faktor dominan adalah Faktor Sikap dengan nilai Beta tertinggi sebesar 0,530. Kata kunci: Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, Keyakinan, Sikap, Keputusan Pembelian.

Downloads

Published

2016-06-13

Issue

Section

Articles