AN ANALYSIS OF INTERNAL CONTROL SYSTEM ON THE PROCEDURE OF MANAGING LOGISTICS (A Case Study at PG. Kebon Agung Pakisaji Malang)

Authors

  • Mei Yuana Afifah
  • . Kertahadi

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang keberadaan industri gula di Indonesia yang memegang peranan penting bagi masyarakat Indonesia dan sektor lainnya. Di dalam PG Kebon Agung salah satu faktor yang paling berpengaruh dalam kelangsungan proses produksi adalah manajemen logistik. Manajemen logistik berfungsi sebagai pengawas penerimaan dan pengeluaran hasil produksi, bahan atau barang perlengkapan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. Penelitian ini fokus pada deskripsi prosedur manajemen logistik, efektifitas sistem pengendalian internal pada prosedur manajemen logistik, masalah-masalah yang timbul pada sistem pengendalian internal prosedur manajemen logistik, dan solusi untuk masalah-masalah tersebut. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan berdasarkan data-data yang telah diperoleh dari perusahaan, kemudian dibandingkan dengan teori yang diperoleh dari berbagai literatur selanjutnya akan ditemukan permasalahan dan pemecahan terhadap masalah tersebut. Hasil penelitian pada PG. Kebon Agung Malang adalah sebagai berikut: PG. Kebon Agung telah mempunyai dan menggunakan sistem pengendalian internal pada manajemen logistik. Sistem pengendalian yang ada pada PG. Kebon Agung sudah efektif, hal ini dapat dilihat dari adanya pemisahan fungsi, penetapan wewenang dan tanggung jawab, adanya otorisasi, dan audit keuangan serta sumber daya manusia yang dapat dipercaya khususnya bagian keuangan.

Kata Kunci : Prosedur, Manajemen Logistik, dan Pengendalian Internal

ABSTRACT

This research is explain about the existence of the sugar industry in Indonesia which plays an important role for the Indonesian and other sectors. In PG Kebon Agung one of the most influential factors in the continuity of the production process is logistics management. Good logistics management will help mills more efficient and effective. This research focuses on the description of logistics management procedures, the effectivity of internal control systems on the procedure of managing logistics, the problems that arise in internal control systems on the procedure of managing logistics, and the alternative solutions to those problems. The type of this research is descriptive qualitative research with case study approach. Data collection is conducted using observation, interviews, and documentation. Data analysis is conducted by data collection, data reduction, data presentation, and conclusion. The result of this research shows that PG. Kebon Agung already has and uses internal control systems in logistics management. The internal control system is also effective, with the separation of functions, the determination of authorities and responsibilities, authorization, and auditing of financial and human resources that can be trusted, especially the financial section.

Keywords : Procedure, Managing Logistics, and Internal Control


Downloads

Published

2016-06-01

Issue

Section

Articles