ANALISIS KESUKSESAN SISTEM INFORMASI PERHOTELAN DENGAN PENDEKATAN MODEL DELONE DAN MCLANE (Studi pada Karyawan Hotel Aria Gajayana Malang)

Authors

  • Ana Yuliana
  • . Riyadi

Abstract

This research was conducted on the basis of reviewing the complex function of hospitality information system use by Aria Gajayana Hotel Malang. Information system success model on this research used DeLone and McLane Information System Success Model (D&M IS success model) with testing until user satisfaction. This study aims to analyze and explain the effect of system quality, information quality, and service quality on the user satisfaction and also to explain success from hospitality information system on hotel. The sample in this study amounted collected questionnaire from 38 respondents and analyzed by multiple linier regression. The result showed that system quality is significant positive influence on user satisfaction. Information system is positive influence but not significant on users satisfaction. Service quality is significant positive influence on user satisfaction. Hospitality information system used by the employees of the Hotel Aria Gajayana success in implementation it is shown from a high assessment by employees against the hospitality information system being used.

Key Words: Information system success, System quality, Information quality, Service quality, User satisfaction.

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan atas dasar meninjau dari kompleksnya fungsi sistem informasi yang digunakan oleh hotel Aria Gajayana yang belum lama berdiri di kota Malang. Model kesuksesan sistem informasi dalam penilitian ini menggunakan model kesuksesan sistem informasi Delone dan McLane (Model Kesuksesan SI D&M) dengan melakukan pengujian sampai dengan pada kepuasaan pengguna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh positif varibel kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna serta mengetahui keberhasilan sistem informasi perhotelan yang digunakan oleh hotel. Sampel dari penelitian ini adalah karyawan hotel berjumlah 38 responden dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Penelitian ini menggunakan regresi linier berganda sebagai metode analisis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kualitas sistem berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna. Sedangkan variabel kualitas informasi mempunyai pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan pengguna. Kualitas layanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi perhotelan yang digunakan oleh Karyawan hotel Aria Gajayana Malang sukses dalam implementasi hal ini ditunjukan dari penilaian yang tinggi oleh karyawan terhadap sistem informasi perhotelan yang digunakan.

Kata Kunci: Kesuksesan sistem informasi, Kualitas sistem, Kualitas informasi, Kualitas layanan, Kepuasan pengguna.

Downloads

Published

2016-05-24

Issue

Section

Articles