PENGARUH DAYA TARIK IKLAN TERHADAP EFEKTIVITAS IKLAN (Survei Terhadap Iklan Honda Versi Band Nidji “One Heart”)

Authors

  • Lutfi Ardiansyah Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya
  • Zainul Arifin
  • Dahlan Fanani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh secara simultan dan parsial antara Daya Tarik Iklan, yang terdiri dari Music, Storyboard, Script, Endorser, Signature Slogan, Logo terhadap variabel Efektifitas Iklan dan untuk mengetahui variabel mana yang berpengaruh dominan terhadap Efektivitas Iklan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory, data primer diambil secara langsung dari obyek penelitian dengan penyebaran kuesioner kepada para responden secara langsung oleh peneliti, dalam hal ini adalah mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Univeritas Brawijaya yang masih aktif pada tahun ajaran 2011/2012. Hasil penelitian menunjukkan Pengujian Hipotesis I bahwa Daya Tarik Iklan (X) berpengaruh secara simultan terhadap Efektifitas Iklan (Y) dapat diterima, dapat dilihat dari nilai Adjusted R Square sebesar 0,635. Hasil Pengujian Hipotesis II (Secara Parsial), diketahui apabila nilai t hitung dan sig t  untuk variabel Daya Tarik Iklan semuanya di bawah 0,05 (p<0,05) sehingga Ho ditolak, maka hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh secara parsial dari Daya Tarik Iklan pada Efektifitas Iklan (Y), diterima. Hasil Pengujian Hipotesis III (Pengaruh Dominan), diketahui apabila variabel Storyboard (X3) mempunyai pengaruh yang dominan, karena besarnya nilai koefisien beta variabel Storyboard (X3) sebesar 0,436. Hal ini menunjukkan rangkaian adegan dan alur cerita lebih mudah dipahami serta menarik perhatian sehingga audience mengerti maksud visualisasi dan pesan yang ingin disampaikan dalam iklan.   Kata kunci: pasang iklan gratis, Iklan, Daya Tarik Iklan, Efektivitas Iklan

Downloads

Published

2013-04-25

Issue

Section

Articles