ANALISIS AUDIT OPERASIONAL UNTUK MENILAI EFEKTIVITAS, EFISIENSI, DAN EKONOMISASI FUNGSI PEMASARAN (Studi pada PT Padmatirta Wisesa Depo Karangploso-Kabupaten Malang)

Authors

  • Hani Am Maria
  • . Moch. Dzulkirom AR
  • . Dwiatmanto

Abstract

Operational Audit is an appropriate tool for management to evaluate and assess the level of effectiveness, efficiency and economizing on the company's operations. The study was conducted in PT Padmatirta Wisesa Depo Karangploso-Malang Regency which is one of the companies engaged in the distribution. This study aims to identify and analyze the suitability of operational audits carried out by the company on the marketing function with the existing audit trails. This study was a descriptive study. The focus in this study is the stage of operational audit on the marketing function with includes six components in the scope of marketing includes: marketing environment, marketing strategy, marketing organization, marketing systems, marketing productivity, and other marketing functions. Results from the study showed that an audit conducted in accordance with the existing audit stage, but does not include all the components in the marketing sphere, which only includes marketing strategy and marketing system. After thorough analysis, the results of the analysis found inefficient and ineffective in 2014, such as: decrease in sales resulted in not achieving the sales targets that have been set, reduced acquisition profi, does not possess adequate methods in conducting surveys on customer satisfaction.

Keyword: Operational Audit, Marketing Function, Effectiveness, Efficiency, Economizing

ABSTRAK

Audit operasional merupakan suatu alat yang tepat bagi manajemen untuk melakukan evaluasi dan menilai tingkat efektivitas, efisiensi, dan ekonomisasi atas kegiatan operasi perusahaan. Penelitian dilakukan di PT Padmatirta Wisesa Depo Karangploso-Kabupaten Malang yang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang distribusi.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kesesuaian pelaksanaan audit operasional yang dilakukan oleh perusahaan atas fungsi pemasaran dengan tahapan audit yang ada. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Fokus pada penelitian ini adalah tahapan audit operasional atas fungsi pemasaran dengan mencakup enam komponen yang ada pada lingkup pemasaran meliputi: lingkungan pemasaran, strategi pemasaran, organisasi pemasaran, sistem pemasaran, produktivitas pemasaran, dan fungsi pemasaran lainnya. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa audit yang dilakukan telah sesuai dengan tahapan audit yang ada, akan tetapi tidak mencakup semua komponen yang ada pada lingkup pemasaran, yaitu hanya mencakup strategi pemasaran dan sistem pemasaran. Setelah dilakukan analisis secara menyeluruh, hasil dari analisis tersebut menemukan inefisien dan inefektif pada tahun 2014, seperti: menurunnya penjualan yang mengakibatkan tidak tercapainya target penjualan yang telah ditetapkan, menurunnya perolehan profi,tidak dimilikinya metode yang memadai dalam melakukan survei atas kepuasan pelanggan.

Kata kunci: Audit Operasional, Fungsi Pemasaran, Efektivitas, Efisiensi, Ekonomisasi


Downloads

Published

2016-04-25

Issue

Section

Articles