ANALISIS DU PONT SYSTEM YANG DIMODIFIKASI SEBAGAI SALAH SATU ALAT UNTUK MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi pada PT Indofood Sukses Makmur, Tbk dan Anak Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2010-2014)

Authors

  • Nur Machmuda
  • . Moch. Dzulkirom
  • . Topowijono

Abstract

Research aims to acknowldge the financial performance of PT Indofood Sukses Makmur, Tbk and Subsidiaries during 2010-2014 period using Du Pont System modified. This analysis is one of the techniques of financial performance analysis are developing analyzes of Du Pont System by adding Equity Multiplier or Debt Ratio and connect with ROI to determine ROE. This research use descriptive research with quantitative approach, the source of the data used is secondary data with data collection documentation. Based on the research results can be concluded that financial performance of PT Indofood Sukses Makmur, Tbk and subsidiaries in 2010-2014 were analyzed using Du Pont System Modified be in poor condition. That is because ROE decreased. The decline was due todeclining ROI and Equity Multiplier ride. ROI is declining due to the state of NPM is likely to decline and TATO fluctuating. Increased Equity Multiplier caused by total assets and total equity increased. Companies should improve efficiency in the use of equity capital as well as asset management and increasing sales greater than the costs of operations. Additionally, Equity Multiplier which increase indicates that more companies use debt to finance its assets, so the company should be able empower debt.

Keywords: Return On Equity (ROE), Du Pont System Modified, Company Financial Performance

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan PT Indofood Sukses Makmur, Tbk dan Anak Perusahaan periode tahun 2010-2014 dengan menggunakan Analisis Du Pont System yang dimodifikasi. Analisis ini merupakan salah satu teknik dari analisis laporan keuangan yang mengembangkan analisis Du Pont System dengan menambahkan Equity Multiplier atau Debt Ratio dan menghubungkannya dengan ROI untuk menentukan ROE.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, sumber data yang digunakan adalah data sekunder dengan teknik pengumpulan data dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa kinerja keuangan PT Indofood Sukses Makmur, Tbk dan Anak Perusahaan pada tahun 2010-2014 yang dianalisis dengan menggunakan Du Pont System yang Dimodifikasi berada dalam kondisi yang kurang baik. Hal tersebut dikarenakan ROE mengalami penurunan. Penurunan tersebut disebabkan ROI yang menurun dan Equity Multiplier naik. ROI yang menurun dikarenakan keadaan NPM yang cenderung menurun dan TATO yang berfluktuasi. Meningkatnya Equity Multiplier disebabkan karena total aktiva dan total ekuitas yang meningkat. Perusahaan seharusnya meningkatkan efisiensi dalam penggunaan modal sendiri maupun pengelolaan aset dan meningkatkan penjualan yang lebih besar dibandingkan dengan biaya-biaya operasinya. Selain itu, Equity Multiplier yang mengalami peningkatan mengindikasikan bahwa perusahaan lebih banyak menggunakan hutang dalam membiayai aktivanya, sehingga perusahaan harus lebih mampu mendayagunakan hutang.

Kata Kunci :  Return On Equity (ROE), Du Pont System yang Dimodifikasi, Kinerja Keuangan     Perusahaa


Downloads

Published

2016-04-20

Issue

Section

Articles