PENGARUH KESADARAN MEREK, KESAN KUALITAS, ASOSIASI MEREK DAN LOYALITAS MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK (Survei pada Konsumen Pembeli dan Pengguna Produk Sari Apel SIIPLAH di Perumahan Saxophone Kecamatan Lowokwaru Kota Malang)

Authors

  • Aim Muzaqqi
  • Achmad Fauzi
  • Imam Suyadi

Abstract

This study aims to determine the effect of Brand Awareness, Perceived Quality, Brand Association and Brand Loyalty simultan and parsial on Brand Equity. This research used explanatory research to test the hypothesis and quantitative approaches. The number of samples in this research were 100 respondents who are Citizens Saxophone Lowokwaru District Malang. Analysis this stduy using regression analysis techniques. These results indicate that the effect of simultan each indpendent variable on Brand Equity is done by testing the F-test. From the results of multiple linear regression analysis obtained by value Fvalue 13.056, while F table at significant level of 0.05 indicates a value of 1.968. This means that F count larger than F table so that Ho refused and Ha accepted, which means that independent variable Brand Awareness , Perceived Quality, Brand Association , Brand Loyalty  has a significant influence simultaneously to variable Brand equity. The results also showed that parsial independent variables showed significant levels on the dependent variable.

Keywords : Brand Awareness, Perceived Quality, Brand Association, Brand Loyalty, Brand Equity

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kesadaran Merek, Kesan Kualitas, Asosiasi Merek, dan Loyalitas Merek secara bersama-sama dan secara sendiri- sendiri terhadap Ekuitas Merek. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research atau penelitian penjelasan dengan menggunakan uji hipotesis dan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang merupakan Warga Perumahan Saxophone Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Analasis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh secara bersama-sama tiap variabel bebas terhadap Ekuitas Merek dilakukan dengan pengujian F-test. Dari hasil analisis regresi linier berganda diperoleh nilai Fhitung sebesar 13,056, sedangkan Ftabel pada taraf signifikan 0,05 menunjukan nilai sebesar 1,968. Hal tersebut berarti Fhitung lebih besar dari Ftabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti variabel bebas Kesadaran Merek, Kualitas Merek, Asosiasi Merek, Loyalitas Merek mempunyai pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap variabel Ekuitas Merek. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa secara sendiri-sendiri semua variabel independen menunjukkan tingkat signifikan pada variabel dependen.

KatawKunci : Kesadaran Merek, Kesan Kualitas, Asosiasi Merek, Loyalitas Merek, Ekuitas Merek

Downloads

Published

2016-02-05

Issue

Section

Articles