PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI KEMANFAATAN TERHADAP PENGGUNAAN YOUTUBE DENGAN PENDEKATAN TAM (Studi Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan Tahun 2010/2011 dan 2011/2012 Universitas Brawijaya)

Authors

  • Andyka Rakhmad S Brawijaya University

Abstract

The research aims to know perceived usefulness and perceived ease of use based of using YouTube by adopting technology acceptance model which is consist of the some constructs such as perceived ease of use (X1), perceived usefulness (Y1), attitude toward using (Y2), behavioral intention to use (Y3) and actual system usage (Y4). This type of research is explanatory research used a quantitative approach. Methods of data collection used a quiestionnaire with a sample of 90 respondents of S1 students Faculty of Administrative Science in Business Administrative Departement of grade 2010/2011 and 2011/2012, Brawijaya University. Data analysis that used are statistic descriptive analysis and path analysis. The result of this research show that there are six constructs create positive influence and significant, there are variable perceived ease of use (X1) to variable perceived usefulness (Y1), variable perceived ease of use (X1) to variable attitude toward using (Y2), variable perceived usefulness (Y1) to variable attitude toward using (Y2), variable perceived usefulness (Y1) to variable behavioral intention to use (Y3), variable perceived usefulness (Y1) to variable actual system usage (Y4) and variable behavioral intention to use (Y3) to variable actual system usage (Y4). While, the construct which is hasn’t significant influence is variable attitude toward using (Y2) to variable behavioral intention to use (Y3).

Keyword : Perceived ease of use, perceived usefulness, attitude toward using, behavioral intention to use, actual system usage

 

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaatan terkait dengan penggunaan YouTube dengan mengadopsi model TAM (Technology Acceptance Model) yang terdiri dari beberapa konstruk yaitu persepsi kemudahan penggunaan (X1), persepsi kemanfaatan (Y1), sikap penggunaan (Y2), minat perilaku penggunaan (Y3) dan kondisi nyata penggunaan (Y4). Jenis penelitian yang digunakan yaitu explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan pengambilan sampel sebanyak 90 responden mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan Tahun 2010/2011 dan 2011/2012 Universitas Brawijaya. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis path (path analysis). Hasil dari penelitian menunjukkan 6 konstruk yang menghasilkan pengaruh signifikan yaitu pada variabel persepsi kemudahan penggunaan (X1) terhadap persepsi kemanfaatan (Y1), persepsi kemudahan penggunaan (X1) terhadap sikap penggunaan (Y2), persepsi kemanfaatan (Y1) terhadap sikap penggunaan (Y2), persepsi kemanfaatan (Y1) terhadap minat perilaku (Y3), persepsi kemanfaatan (Y1) terhadap kondisi nyata penggunaan (Y4) dan minat perilaku (Y3) terhadap kondisi nyata penggunaan (Y4). Sedangkan konstruk yang menghasilkan pengaruh tidak signifikan yaitu sikap penggunaan (Y2) terhadap minat perilaku (Y3)

 

Kata Kunci : Persepsi kemudahan, persepsi kemanfaatan, sikap penggunaan, minat perilaku penggunaan, kondisi nyata penggunaan

Downloads

Published

2013-06-21

Issue

Section

Articles