PENGARUH MOTIVASI DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET PESAWAT (Survei Pada Konsumen Terminal Tiket Malang)

Authors

  • Aditya Huriartanto
  • Djamhur Hamid
  • Pravissi Shanti

Abstract

The development of tourism is currently growing rapidly, the one that receives the impact is particularly businessmen travel services. Is there a possibility that the plane ticket business is currently growing rapidly. This study aims to determine the effect of motivation and consumer perceptions of airline ticket purchase decision on Consumer Terminal Tickets Malang.Research done that kind of research ekspalantori. Data collection methods used were distributing questionnaires to 100 samples. Sampling technique using purposive sampling method. Data analysis technique used is descriptive analysis and multiple regression analysis using SPSS software version 22.The results showed that motivation variable Consumers have partial significant influence on purchase decision. Consumer Perception variables have a significant influence partially on purchase decision. F-test results showed that the two independent variables Motivation Consumers and Consumer Perception simultaneously have a significant influence on the purchase decision. Adjusted R Square of 0.528 attribute that 52.8% variable purchase decision can be explained by two independent variables in the regression equation. While the remaining 47.2% is explained by other variables outside the two variables used in this study. Variable consumer motivation is the dominant variable influence on the purchase decision.

Keywords: Motivation, Perception Consumer’s and Purchasing decision

ABSTRAK

Perkembangan pariwisata saat ini semakin pesat, salah satu yang menerima dampak adalah pelaku usaha khususnya jasa perjalanan wisata. Adalah memungkinan bahwa bisnis tiket pesawat saat ini terus berkembang pesat. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh motivasi dan persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian tiket pesawat pada konsumen Terminal Tiket Malang. Jenis Penelitian yang dilakukan yaitu penelitian ekspalantori. Metode pengumpuan data yang digunakan adalah penyebaran kuesioner kepada 100. Teknik penarikan sampel menggunakan metode Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Analisis deskriptif dan analisis regresi berganda dengan menggunakan software SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Motivasi Konsumen memiliki pengaruh signifikan secara parsial  terhadap Keputusan Pembelian. Variabel Persepsi Konsumen memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap Keputusan Pembelian. Hasil uji F menunjukan bahwa kedua variabel bebas Motivasi Konsumen dan Persepsi Konsumen secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,528 menujukan bahwa 52,8% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkam sisanya 47,2% dijelaskan oleh variabel lain diluar kedua variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Variabel motivasi konsumen merupakan variabel yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci: Motivasi, Persepsi Konsumen, Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2015-11-09

Issue

Section

Articles