PENGARUH PELATIHAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi pada Karyawan PT. TASPEN (Persero) Cabang Malang)

Authors

  • Arif Angestio Sunyo
  • Mochammad Al Musadieq
  • Mochamad Djudi

Abstract

Research aims to analyze and to explain the simultaneous and partial influences of  job taining consisting of variabel training materials, training methods, and instructors training to  performance employees at PT. TASPEN (Persero) branch of Malang. Research type is explanatory research. Sample includes 33 employees. Data analysis technique is multiple linear regression. Data are processed using the program of SPSS 16.00 for Windows. Result of hypothesis testing is that F-significance £a (0.000 £ 0.05), meaning that there is a simultaneous and significant influence of Training materials, Training methods and Instructors training on performance employees. It is also found that t-significance £ a (0.000 £ 0.05) for influence of Training materials on performance which shows and t-significance £ a (0.043 £ 0.05) for influence of training methods (on performance and t-significance £ a (0.007 £ 0.05) for influence of Instructors training. The result showed significant and partial influences of Training materials, Training methods and Instructors training on performance employees.

Keyword : Training materials, Training methods, Instructors training and performance employees

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh simultan dan parsial pelatihan kerja yang terdiri dari variabel materi pelatihan, metode pelatihan, dan instruktur pelatihan terhadap kinerja karyawan pada PT. TASPEN (Persero) Cabang Malang. Jenis penelitian yang digunakan bersifat penjelasan (explanatory research), jumlah sampel pada penelitian ini adalah 33 karyawan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakan komputer dengan menggunakan program SPSS 16.00 for Windows. Hasil pengujian hipotesis diketahui Sig. F ≤ α (0,000 ≤ 0,05) ini menunjukkan ada pengaruh signifikan secara simultan dari variabel Materi pelatihan, Metode pelatihan dan Instruktur pelatihan terhadap variabel kinerja karyawan. Dan diketahui Sig.t ≤ α (0,000 ≤ 0,05) untuk Materi pelatihan terhadap kinerja karyawan. Sig.t ≤ α (0,043 ≤ 0,05) untuk Metode pelatihan terhadap kinerja karyawan, dan Sig.t ≤ α (0,007 ≤ 0,05) untuk Instruktur pelatihan terhadap kinerja karyawan. Hasil tersebut menunjukkan pengaruh signifikan secara parsial dari variabel Materi pelatihan, Metode pelatihan dan Instruktur pelatihan tehadap kinerja karyawan.

Kata Kunci : Materi pelatihan, Metode pelatihan, Instruktur pelatihan dan kinerja karyawan

 


Downloads

Published

2015-11-03

Issue

Section

Articles