ANALISIS SISTEM DAN PROSEDUR PERSEDIAAN OBAT-OBATAN DALAM UPAYA MENDUKUNG PENGENDALIAN INTERN (Studi pada Rumah Sakit Islam Unisma Malang)

Authors

  • Rico Aditya Pangadda

Abstract

This study aims to run the company's internal control systems and procedures based on the analysis of the inventory. This research is a descriptive case study approach. The data used is secondary data. Data was collected by the method of documentation. The data analysis includes a system and procedure inventory consisting of related functions, documents used, records are used, the required information management, and procedures that create network, as well as in analyzes that include elements of internal control consists of the organizational structure, systems authorizations , the practice of healthy, quality employees in accordance with the responsibilities. Results of this research are systems and procedures existing inventory at the islamic hospital Unisma is good enough to support the internal control this can be seen on the separation of functions reception and procurement, each procedure requires authorization from the competent authorities, documents and records that there can be creating a healthy practice. However, the existing system at the islamic hospital Unisma have a weakness for physical inventory counting system it can cause error information needed to make a purchase inventory management.

Keywords: Inventory Accounting System, Physical Counting Procedures, Internal Control

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menjalankan pengendalian intern perusahaan berdasarkan analisis sistem dan prosedur persediaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Analisis data mencakup system dan prosedur persediaan yang terdiri dari fungsi yang terkait, dokumen yang digunakan, catatan yang digunakan, informasi yang dibutuhkan manajemen, dan prosedur yang membentuk jaringan, serta dalam analisis yang mencakup unsur-unsur pengendalian intern terdiri dari struktur organisasi, system otorisasi, praktik yang sehat, karyawan yang mutunya sesuai dengan tanggung jawab. Hasil dari penelitian ini adalah sistem dan prosedur persediaan yang ada pada rumah sakit islam unisma sudah cukup baik untuk mendukung dalam pengendalian intern hal ini dapat dilihat pada pemisahan fungsi penerimaan dan pengadaan, setiap prosedur membutuhkan otorisasi dari pejabat yang berwenang, dokumen dan catatan  yang ada dapat menciptakan praktek yang sehat. Namun system yang ada pada rumah sakit islam unisma memiliki kelemahan pada system penghitungan fisik persediaan hal ini dapat menyebabkan kesalahan informasi yang dibutuhkan manajemen untuk melakukan pembelian persediaan.

Kata kunci: Sistem Akuntansi Persediaan, Prosedur Penghitungan Fisik, Pengendalian Intern

Downloads

Published

2015-10-16

Issue

Section

Articles