Analisis Good Corporate Governance Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Studi Pada PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Palembang)

Authors

  • M. Finsa Bagus Prastantio

Abstract

The aim of this study was to determine how well the application made to the corporate governance at PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Branch Palembang in improving the company's performance in the period 2007-2012. The method used in this study is a qualitative research method through a descriptive approach that takes the location of research at PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Branch Palembang. Source of data used are primary data and secondary data. Analysis on Good Corporate Governance conducted by SK-16 / S.MBU / 2012 and analysis of the company's performance using the profitability ratio. The analysis results of the implementation of good corporate governance and the company's financial ratio analysis showed that the implementation of corporate governance at PT Pelabuhan Indonesia II has been quite well which helps in improving the company's performance.

Keyword: Good Corporate Governance, SK-16/S.MBU/2012, Profitability Ratio

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik penerapan yang dilakukan terhadap tata kelola perusahaan pada PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Palembang dalam meningkatkan kinerja perusahaan pada periode 2007-2012. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan melalui pendekatan deskriptif yang mengambil lokasi penelitian di PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Palembang. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis terhadap Tata Kelola Perusahaan yang baik dilakukan berdasarkan Surat Keputusan tahun 2012 tentang GCG dari menteri dan analisis kinerja perusahaan digunakan rasio profitabilitas. Hasil dari analisis penerapan tata kelola perusahaan yang baik dan analisis rasio keuangan perusahaan menunjukan bahwa penerapan tata kelola perusahaan pada PT Pelabuhan Indonesia II telah cukup baik yang membantu dalam peningkatan kinerja perusahaan.

Kata Kunci: Tata Kelola Perusahaan yang Baik, Rasio Profitabilitas

Downloads

Published

2015-10-16

Issue

Section

Articles