PENGARUH CITRA PERUSAHAAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG DAN KEPUTUSAN BERKUNJUNG (Survei pada Pengunjung Taman Rekreasi PT.Selecta, Kota Batu, Jawa Timur)

Authors

  • Gagah Bimo Setyo Putra

Abstract

This study examines the effect of the interest to visit the company's image and the decision to visit the park visitor survey on recreation PT.Selecta, Batu, East Java. Corporate image is exogenous and endogenous variables that are of interest to visit and a decision is visiting. Explanatory Research kind of research. Used as a sample of 120 respondents. Purposive sampling techniques with criteria PT.Selecta recreation park visitors. Data dikumpulka through questionnaires then performed descriptive data analysis and path analysis (path analysis). These results indicate that the variable image of the company has a direct and significant effect on the interest visited by 36.6%. Variable image of the company has a direct and significant influence on the decision to visit amounted to 59.7%. Variable interest has been direct and significant influence on the decision to visit amounted to 14.8%. Based on these results, it should PT.Selecta Management maintain and improve the company's image indicators that have been assessed by the community. This can be done by maintaining the existing SOPs, adding vasilitas to attract customers, and perform routine checks and repairs to the existing support facilities. Keywords: Corporate Image, Interest Visit, Decision to Visit ABSTRAK Penelitian ini menguji pengaruh citra perusahaan terhadap minat berkunjung dan keputusan berkunjung survei pada pengunjung taman rekreasi PT.Selecta, Kota Batu, Jawa Timur. Citra perusahaan merupakan variabel eksogen dan yang merupakan variabel endogen adalah minat berkunjung dan keputusan berkunjung. Jenis penelitian Explanatory Research. Sampel sebanyak 120 orang responden. Teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan kriteria pengunjung taman rekreasi PT.Selecta. Data dikumpulkan melalui angket, analisis data secara deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel citra perusahaan memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap minat berkunjung sebesar 36,6%. Variabel citra perusahaan memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap keputusan berkunjung sebesar 59,7%. Variabel minat berkunjung mempunyai pengaruh langsung dan signifikan terhadap keputusan berkunjung sebesar 14,8%. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka sebaiknya Manajemen PT.Selecta mempertahankan dan meningkatkan indikator-indikator citra perusahaan yang sudah dinilai baik oleh masyarakat. Hal ini dapat dilakukan dengan mempertahankan SOP yang sudah ada, menambah vasilitas untuk menarik minat konsumen, dan melakukan pengecekan dan perbaikan secara rutin terhadap fasilitas penunjang yang sudah ada. Kata Kunci : Citra Perusahaan, Minat Berkunjung, Keputusan Berkunjung

Downloads

Published

2015-09-22

Issue

Section

Articles