ANALISIS PENGENDALIAN KREDIT PADA SISTEM DAN PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT KETAHANAN PANGAN DAN ENERGI (KKP-E) (Studi Pada Bank Jatim Cabang Pacitan)

Authors

  • Mafriana Wahyuningtyas

Abstract

In the credit submition process, there is a system and procedure of credit which simplify the credit administration as well as the fullfilled requirement. This research is aimed to recognize the system and procedure of Ketahanan Pangan dan Energi (KKP-E) credit administration as well as the credit control in the system and procedure of Ketahanan Pangan dan Energi (KKP-E) credit administration. Descriptive qualitative research is the methode which is used in this research. Based on the data analysis, the system and procedure procedure of Ketahanan Pangan dan Energi (KKP-E) credit administration has been conducted properly based on the rules defines and the clearly responsibility of each part. However, there are few lacking findings, namely the double job desk that cause misuse authority, no assesor appracial, and no surprised audit yet.The suggestion are it supposed to be conducted a job desk division among the Credit Analysis and Credit Administration devision to avoid the double job desk, establishing an apprasial assessor devision that particularly officiates to conduct On The Spot and assesing apprasial and also applying surprised audit in order to build the readiness of employee and conducting the job desk appropriately.

Key words: The System and Procedure of Credit Administration, Credit Control, KKP-E Credit

Abstrak :

Dalam proses pengajuan kredit terdapat sistem dan prosedur kredit yang memudahkan dalam pemberian kredit serta lebih jelas megenai syarat-syarat yang harus dipenuhi. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui sistem dan prosedur pemberian Kredit Ketahanan Pangan dan Energi (KKP-E) serta untuk mengetahui pengendalian kredit pada sistem dan prosedur pemberian Kredit Ketahanan Pangan dan Energi. Penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif merupakan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan analisis data maka sistem dan prosedur pemberian KKP-E telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan aturan yang ditetapkan dan jelas dalam tanggung jawab masing-masing bagian, namun ada beberapa temuan yang masih kurang yaitu masih adanya perangkapan tugas yang dapat menyebabkan penyelewengan wewenang, belum adanya petugas penilai jaminan, serta belum adanya pemeriksaan mendadak. Saran yang diberikan adalah sebaiknya dilakukan pembagian tugas lagi antara bagian Analis Kredit dan Administrasi Kredit untuk menghindari perangkapan tugas, dibentuk bagian Penilai Jaminan yang bertugas khusus melakukan On the Spot dan menilai Jaminan, serta diadakan pemeriksaan mendadak agar karyawan siap setiap saat dan melaksanakan tugasnya dengan baik.

Kata Kunci : Sistem dan Prosedur Pemberian Kredit, Pengendalian kredit, Kredit KKP-E

Downloads

Published

2015-09-18

Issue

Section

Articles