ANALISIS STRATEGI PERUSAHAAN DALAM EKSPANSI PASAR LUAR NEGERI (Studi Kasus Pada PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk dalam Akuisisi Thang Long Cement Company di Vietnam)

Authors

  • Ezra Randalinggi Parrangan

Abstract

PT. Semen Indonesia is a state owned company which is located in Gresik, East Java. The company's vision is becoming a leading international cement company in Southeast Asia, the vision becames the foundation of the company to expand overseas market in 2012 by acquiring a cement company in Vietnam. The purpose of this study is to analyze the factors that influence the decision of PT Semen Indonesia (Persero) Tbk in expanding overseas markets, and then Knowing the strategy applied by PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk in expanding overseas markets, the last reason is to Analyze the strengths and weaknesses of the strategy at PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. This type of research is descriptive. The analytical method used is SWOT analysis (Strength, Weakness, Opportunities, and Threats), with EFAS, IFAS matrix, and SWOT matrix. The conclusion of this research is PT. Semen Indonesia has managed to become the first state-owned companies to expand abroad with a strong vision and desire to grow. The company also succeeded in expanding overseas markets with the right strategy. Depth analysis and always follow the market developments is required by the company to achieve the vision and mission of the company.

Keywords: Analysis Strategy, Corporate strategy , Market expansion, PT. Semen Indonesia.

ABSTRAK

PT. Semen Indonesia merupakan perusahaan persemenan yang berada dibawah naungan Badan Usaha Miliki Negara (BUMN), yang berlokasi di Gresik, Jawa Timur. Visi perusahaan yaitu menjadi perusahaan persemenan internasional yang terkemuka di Asia Tenggara yang menjadi landasan sehingga perusahaan melakukan ekspansi pasar ke luar negeri pada tahun 2012 dengan cara mengakuisisi perusahaan persemenan di Vietnam. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor faktor yang mempengaruhi keputusan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dalam melakukan ekspansi pasar ke luar negeri, kemudian Mengetahui strategi apa yang diterapkan oleh PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk dalam melakukan ekspansi pasar ke luar negeri, yang terakhir adalah menganalisis kekuatan dan kelemahan strategi pada PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities, dan Threats), dengan matiks EFAS, IFAS dan matriks SWOT. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu PT. Semen Indonesia telah berhasil menjadi perusahaan BUMN pertama yang berekspansi ke luar negeri dengan visi yang kuat serta keinginan bertumbuh. Perusahaan juga berhasil dalam melakukan ekspansi pasar keluar negeri dengan strategi yang tepat. Analisis yang mendalam serta selalu mengikuti perkembangan pasar diperlukan oleh perusahaan.

Kata Kunci : Analisis Strategi, Strategi perusahaan, Ekspansi pasar, PT. Semen Indonesia.


Downloads

Published

2015-09-18

Issue

Section

Articles