PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP KEMAMPUAN DAN KINERJA KARYAWAN (Studi pada PT. PLN (Persero) Area Malang)

Authors

  • Fajar Azmi Kurniawan

Abstract

The purpose of the research to describe and illustrate: education, training, work ability and performance of the employees; This is an explanatory research with quantitative approach. The study population was all employees of PT. PLN (Persero) on the Malang Area Network Service, the number of samples are 74 employees. Data are collected directly from respondents using a questionnaire research instruments. Data analysis tools include descriptive analysis and path analysis. From the results of the descriptive analysis it can be concluded that: based on the average of the variable (grand mean) 4,11 showed that the majority of respondents who have ever taken education can support the work ability and performance, based on the mean total (grand mean) 3,97 showed that the majority of respondents agreed that a wide range of training provided by the company have an impact toward the work ability and performance, based on the average value (grand mean) 4,13 it can be seen that the respondents have a high workability, seen from the average value (grand mean) 4,09 it can be seen that the respondents agree if it has a good performance.The result of the research indicates that: education variables  and training have positive and significant impact toward the work ability variables; education variables, training and the work ability have significant and positive impact toward the performance variables.

Keywords: Education, Training, Work Ability, Employee Performance

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk menjelaskan dan menggambarkan: pendidikan, pelatihan, kemampuan kerja dan kinerja karyawan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan atau explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. PLN (Persero) Area Malang yang berjumlah 74 orang. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data menggunakan angket. Analisis yang dipergunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Dari hasil analisis deskriptif dapat disimpulkan bahwa: berdasarkan pada rata-rata variabel (grand mean) sebesar 4,11 diketahui mayoritas responden pendidikan yang pernah ditempuh dapat menunjang kemampuan dan kinerjanya, dilihat dari mean total (grand mean) 3,97 mayoritas dari responden setuju bahwa berbagai macam pelatihan yang diberikan perusahaan memiliki dampak pada kemampuan dan kinerja, dilihat dari nilai rata-rata (grand mean) 4,13 maka dapat dilihat bahwasanya responden memiliki kemampuan kerja yang tinggi, dilihat dari nilai rata-rata (grand mena) 4,09 maka dapat dilihat bahwasanya responden setuju jika memiliki kinerja yang baik. Hasil analisis jalur (path analysis) menunjukkan : variabel pendidikan dan pelatihan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap variabel kemampuan kerja; variabel pendidikan, pelatihan dan kemampuan kerja berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap variabel kinerja.

Kata Kunci : Pendidikan, Pelatihan, Kemampuan, Kinerja Karyawan


Downloads

Published

2015-09-14

Issue

Section

Articles