ANALISIS SISTEM DAN PROSEDUR PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN GAJI DAN UPAH (Studi pada PG Kebon Agung Malang)

Authors

  • Silviansyah Tri Maharani

Abstract

The aim of this study is to describe the payroll systems and procedures, and also wages and its implementation in fulfilling the elements and objectives of wages and payroll internal control systems. The type of this research is descriptive research with qualitative approach. Results of the study explained that the implementation of payroll and wages systems and procedures PG Kebon Agung Malang in fulfilling the elements and objectives of paying and wages internal control system still not effective, it characterized by attendance recording function for executing permanent and freelance employees on the production division which still not separated with the operations function. The other disadvantage is dissimilarty of name with the contents in a document, there is no internal audit staff division, and also the use facescan machine was not maximal. Based on those problems, then the advice that can be given is the company can provide additional tasks to security in each section to monitor the use of the facescan machine by the employees maximize the use of the facescan machine, improve document title, and add internal audit staff devision in the company.

Keywords: salary, wages, salaries and wages of internal control

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran sistem dan prosedur penggajian, dan juga pengupahan beserta pelaksanaannya dalam memenuhi unsur-unsur dan tujuan pengendalian intern sistem pengggajian dan pengupahan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menerangkan bahwa penerapan sistem dan prosedur penggajian dan pengupahan PG Kebon Agung Malang dalam memenuhi unsur-unsur dan tujuan pengendalian intern sistem penggajian dan pengupahan masih belum efektif, hal ini ditandai dengan fungsi pencatatan waktu hadir untuk karyawan pelaksana tetap dan harian lepas pada bagian produksi yang belum terpisah dengan fungsi operasi. Kelemahan lainnya adalah ketidaksesuaian nama dengan isi pada salah satu dokumen, tidak terdapat suatu bagian sebagai staf audit intern, serta kurang maksimalnya penggunaan mesin facescan. Berdasarkan masalah tersebut, maka saran yang dapat diberikan adalah perusahaan dapat memberikan tambahan tugas kepada satpam di masing-masing bagian untuk mengawasi penggunaan mesin facescan oleh karyawan, memaksimalkan penggunaan mesin facescan, memperbaiki judul dokumen, dan menambahkan bagian staf audit intern pada perusahaan.

Kata kunci : penggajian, pengupahan, pengendalian intern gaji dan upah

Downloads

Published

2015-09-01

Issue

Section

Articles