ANALISIS SISTEM DAN PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT MULTIGUNA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENGENDALIAN KREDIT (Studi Pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Cabang Madiun)

Authors

  • Diyah Puji Lestari Brawijaya University
  • . Darminto
  • . Topowijono

Abstract

Sistem pemberian kredit bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam proses pengajuan kredit bagi para nasabah, serta memberi pedoman yang jelas atas syarat-syarat pengajuan kredit tersebut. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem dan prosedur pemberian kredit multiguna yang diterapkan oleh PT. Bank Jatim Cabang Madiun serta untuk mengetahui apakah sistem dan prosedur pemberian kredit Multiguna tersebut telah mendukung pengendalian kredit. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan analisis dari data yang diperoleh pada PT. Bank Jatim Cabang Madiun dapat diketahui bahwa sistem dan prosedur yang diterapkan sudah mencerminkan pengendalian kredit yang baik, karena para karyawan telah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik sesuai kebijakan yang diterapkan oleh PT. Bank Jatim Cabang Madiun. Pengendalian kredit pada PT. Bank Jatim Cabang Madiun selain memiliki kelebihan, juga memiliki kekurangan yang dapat dilihat dari struktur organisasi bahwa masih adanya kekosongan personel pada bagian tertentu yang belum terisi, serta tidak adanya pemeriksaan mendadak (Supriser Auditor) untuk memeriksa semua data yang diperoleh karyawan sesuai tugas dan tanggung jawabnya.

Kata kunci : Sistem dan Prosedur, kredit Multiguna,

Abstract

Credit system aims to provide easy credit application process for customers, and provide clear guidance on the terms of the credit application. The  objective of this sudy was to determine the system and multipurpose credit provision procedures adopted by the PT. Bank Jatim branch Madiun as well as to determine whether the system and the multipurpose credit provision procedures have been supporting credit control. Types of research used in this study is a descriptive study with a qualitative approach. Based on the analysis from data obtained at the PT. Bank Jatim Branch Madiun can be seen that the systems and procedures applied already reflects the good credit control, because the employee has carried out both its duties and responsibilities in accordance with the policy implemented by the PT. Bank Jatim Branch Madiun. Credit control at PT. Bank Jatim Branch Madiun, in addition to its advantages, it also has weaknesses that can be seen from the structure of the organization, that is, the personnel vacancies on a particular part that has not been filled, and the lack of surprise inspections (by the Surpriser Auditor) to examine all of the data obtainable by the employees according to the task and responsibilities.

Kata kunci : System and procedures, credit multipurpose

Downloads

Published

2013-06-20

Issue

Section

Articles