ANALISIS SISTEM DAN PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT KONSUMTIF DALAM UPAYA MENDUKUNG PENGENDALIAN MANAJEMEN KREDIT (Studi pada Koperasi Simpan Pinjam Tri Aji Mandiri Kota Kediri)
Abstract
Based on the results of a study conducted by researchers showed that the KSP Tri Aji Mandiri Kediri loans are much in demand by the public is the type of consumer credit and it can be seen that the NPL (Non Performing Loan) for the types of consumer credit during the last 3 years has increased. The purpose of this research is to know how the systems and procedures for granting consumer loans conducted by the KSP Tri Aji Mandiri Kediri and to know that credit management controls which applied to the KSP Tri Aji Mandiri Kediri. Based on the results of the study showed that the systems and procedures for granting credit there are still some weaknesses that is the existence of dual task, and the organizational structure has not been separating the functional responsibilities expressly, formulir is used not serial number printed, whereas in credit management control are aspects that do not support good credit management control, that is : between appraisers the guarantee and credit analysis performed by the same personnel, and there has been no examination of work independently such as the internal audit function.
Keywords : Consumer Loans, Systems and Procedures for consumer loans, credit management control.
Abstrak
Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa pada KSP Tri Aji Mandiri Kediri kredit yang banyak diminati oleh masyarakat kota Kediri adalah jenis kredit konsumtif serta bisa diketahui NPL (Non Performing Loan) untuk jenis kredit konsumtif selama 3 tahun berturut-turut selalu meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sistem dan prosedur untuk pemberian kredit konsumtif yang diterapkan KSP Tri Aji Mandiri Kediri. Hal lain yaitu untuk mengetahui pengendalian manajemen kredit yang dilakukan pihak KSP Tri Aji Mandiri Kediri. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pada sistem dan prosedur pemberian kredit masih terdapat beberapa kelemahan yaitu adanya rangkap tugas, dan pada struktur organisasi belum memisahkan tanggungjawab fungsional secara tegas, formulir yang digunakan belum bernomor urut tercetak, sedangkan pada pengendalian manajemen kredit terdapat aspek yang belum mendukung pengendalian manajemen kredit yang baik, yaitu: antara penilai jaminan dan analisis kredit dilakukan oleh personel yang sama, serta belum terdapat pemeriksaan pekerjaan secara independen seperti fungsi internal audit.
Kata Kunci : Kredit Konsumtif, Sistem dan Prosedur pemberian kredit konsumtif, pengendalian manajemen kredit.