ANALISIS SISTEM DAN PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) DALAM USAHA MENGANTISIPASI TERJADINYA TUNGGAKAN KREDIT (Studi pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Malang)

Authors

  • ARIS DIAN NATALIA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem dan prosedur pemberian kredit pemilikan rumah (KPR) yang diterapkan oleh PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Malang dalam mengantisipasi terjadinya tunggakan kredit. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Malang yang bertempat di Jalan Kawi Atas No. 36-A Malang.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Malang diketahui bahwa sistem dan prosedur pemberian kredit pemilikan rumah (KPR) telah berjalan dengan lancar namun masih ditemukan adanya ketidaksesuaian. Pihak bank belum menjelaskan cara pengisian formulir aplikasi, wawancara kredit hanya dilakukan satu kali, prosedur belum membedakan dana yang diberikan akan diambil secara bertahap atau sekaligus, dan belum ada manual prosedur cara penagihan, pengawasan atau monitoring.

Berdasarkan hasil penelitian penulis memberikan beberapa saran yaitu menjelaskan cara pengisian formulir, melakukan wawancara ke II, penagihan dilakukan dengan cara menelpon 2 atau 3 hari sebelum jatuh tempo atau dikirim surat pemberitahuan pembayaran, pembayaran angsuran bisa disetorkan ke rekening muamalat melalui transfer atau melalui teller,  pengawasan on site dan off site dilakukan oleh dua bagian agar tidak terjadi penyalahgunaan wewenang.

 

Kata kunci : Pemberian Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Tunggakan Kredit

 

Abstract

This research aims to  know the system and procedure of giving house property credit that is applied by PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk of branch office Malang in taking anticipation of happening unpaid credit. This study uses descriptive method. The study is placed in PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk of branch office Malang, Kawi Atas Street No. 36 A malang.

The study found that system and procedure of giving house property credit  have run well, but it is still found the discrepancy. The bank has not been explaining method of filling not the application form, interviews were only conducted once, there is no clear procedure to withdraw the credits whether it is done on one time or not, there is no standard operating prosedures for billing and monitoring activities.

The researcher the bank to explain the method of filling out the application form to the customer, to arrage the second interview ensuring the ability of payment, to send the billings and call customers 2 or 3 days before the due date, to arrange customers payments through muamalat accounts by transfer or via teller, to arrange on site and off site monitoring done by two different sections in order to avoid abusing the authority.

 

Keywords : Giving The House Property Credit, Unpaid Credit

Downloads

Published

2015-02-23

Issue

Section

Articles