PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL MAKRO DAN MIKRO TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Saham Perusahaan Sektor Perdagangan, Jasa, dan Investasi yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2012)

Authors

  • Rivan Andrie Sabi Arvianto

Abstract

This research aims to know the impact of macro fundamental factors on micro fundamental factors, impact macro fundamental factors on firm value, and impact micro fundamental factors on firm value in trade, services, and investment companies listed in Indonesian stock exchange. Data is used secondary data that published in Indonesian stock exchange from 2010-2012. This analysis used Partial Least Square. The result of the study is : 1). There are negative and significant impact of macro fundamental factors on micro fundamental factors with weight relation -0,305and t-statistic 3,707. 2). There are positive and significant impact of macro fundamental factors on firm value with weight relation 0,104 and t-statistic 2,156. 3). There are positive and significant impact of micro fundamental factors on firm value with weight relation 0,934 and t-statistic 42,959.

Keywords: macro fundamental factors, micro fundamental factors, and firm value.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor fundamental makro terhadap faktor fundamental mikro, pengaruh faktor fundamental makro terhadap nilai perusahaan, dan pengaruh faktor fundamental mikro terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor perdagangan, jasa, dan investasi.Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang dipublikasikan di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2010-2012.Penelitian ini menggunakan alat analisis Partial Least Square. Hasil penelitian ini adalah : 1). Faktor fundamental makro berpengaruh negatif dan signifikan terhadap faktor fundamental mikro, hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi -0,305 dan nilai t-statistik sebesar 3,707. 2) Faktor fundamental makro berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahan, hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,104 dan nilai t-statistik sebesar 2,156. 3).Faktor fundamental mikro berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,943 dan nilai t-statistik sebesar 42,959.

Kata kunci: faktor fundamental makro, faktor fundamental mikro dan nilai perusahaan.

Downloads

Published

2014-08-25

Issue

Section

Articles