ANALISIS SISTEM DAN PROSEDUR PEMBAYARAN KLAIM KECELAKAAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENGENDALIAN INTERN (Studi Kasus pada PT.Jasa Raharja(Persero) Kantor Perwakilan Malang)

Authors

  • Reika Happy Sugiastuti

Abstract

The aims of this study is to determine the system and procedure of the accident claim payment in PT.Jasa Raharja (Persero) Kantor Perwakilan Malang and to analyze the system and claim payment procedures if it meets the elements of the internal control system in the effort to increase the cash outlay internal control. The data collection techniques in this study are through interviews with informants, direct observation on the object of research, and documentation on the secondary data used. The analysis result of this study is, there is no “Lunas†stamp on the accident claim payment, the function for the booking in the “Daftar Harian Kas†and “Laporan Pemakaian Bilyet Giro†is no to be handled by “Bidang Keuanganâ€, the authorization signature on “Bilyet Giro†is not to be made ​​by “Kepala Perwakilanâ€, the sudden examine is not fully carried out by Satuan Pemeriksa Pusat, and there is no independent of “Satuan Pemeriksa Intern†in PT.Jasa Raharja (Persero) Kantor Perwakilan Malang.

Keyword: Accidental claim payment system, internal control

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sistem dan prosedur pembayaran klaim kecelakaan di PT.Jasa Raharja (Persero) Kantor Perwakilan Malang serta untuk menganalisis sistem dan prosedur pembayaran klaim apakah sudah memenuhi unsur-unsur pengendalian intern pada sistem pengeluaran kas dalam upaya meningkatkan pengendalian intern.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui proses wawancara dengan narasumber, observasi langsung pada objek penelitian, dan dokumentasi pada data sekunder yang digunakan. Hasil analisis dari penelitian ini ialah pada dokumen yang digunakan yaitu kwitansi pembayaran klaim kecelakaan belum dibubuhkan stempel “Lunasâ€, pada fungsi yang melakukan pencatatan pada Daftar Harian Kas dan Laporan Pemakaian Bilyet Giro tidak dilakukan oleh Bidang Keuangan, otorisasi tanda tangan di bilyet giro tidak dilakukan oleh Kepala Perwakilan, pemeriksaan mendadak oleh Satuan Pemeriksa Pusat belum sepenuhnya dilakukan, serta belum terbentuknya Satuan Pemeriksa Intern yang independen di PT.Jasa Raharja(Persero) Kantor Perwakilan Malang.

Kata Kunci:Sistem pembayaran klaim kecelakaan, Pengendalian intern.

Downloads

Published

2014-08-18

Issue

Section

Articles