FAKTOR KUNCI MEMPENGARUHI INTENSI MEMBELI PERUMAHAN SYARIAH PADA PELANGGAN INDONESIA (Penelitian Pada Pelanggan Indonesia di Malang Raya dan Surabaya)

Authors

  • Tirta Perkasa
  • Andriani Kusumawati

Abstract

This research aimed to (1) identify what factors create sharia residential purchase intention (2) explain the influences of house features, private living space, distance influences, environtmental influences, financial influences, physicological influences, and sharia compliance partially and simultaneously on sharia residential purchase intention. The type of this research is explanatory research with quantitative approach. The variables of the research are house features, private living space, distance influences, environtmental influences, financial influences, physicological influences, sharia compliance, and purchase intention. The criteria of population in this research are customers of sharia residential in Malang raya and Surabaya City that had bought sharia house. The sampling technique for this research used purposive sampling and the data collection method by distributed questionnaire indirectly (online) and directly to 116 respondents according to population criteria. Data analysis used descriptive analysis, factor analysis, and multiple linear regression. The results showed that house features, private living space and financial, distance and environtmen, psychological influences, sharia compliance, kitchen size, and general security simultaneously and partially have significant influence on purchase intention.

Kеywords: Sharia, Residential, Indonesia, Purchase Intention, Factor Analysis

ÐBSTRÐK

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui faktor yang menciptakan intensi membeli perumahan syariah (2) menjelaskan pengaruh dari fitur rumah, ruang pribadi, pengaruh jarak, pengaruh lingkungan, pengaruh keuangan, pengaruh pisikologis, dan pemenuhan syariah secara parsial and simultan terhadap intensi membeli perumahan syariah. Jenis penelitian ini adalah eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Variabel pada penelitian ini terdiri dari fitur rumah, ruang pribadi, pengaruh jarak, pengaruh lingkungan, pengaruh keuangan, pengaruh pisikologis, pemenuhan syariah, dan intensi membeli. Kriteria populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang telah membeli rumah syariah yang berlokasi di Malang raya dan Kota Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner secara tidak langsung (online) dan langsung kepada 116 responden yang sesuai dengan kriteria populasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisa faktor, regresi liniar berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur rumah, ruang pribadi dan keuangan, jarak dan lingkungan, pengaruh pisikologis, pemenuhan syariah, ukuran dapur, keamanan umum secara simultan dan parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap intensi membeli.

Kаtа Kunci: Syariah, Perumahan, Indonesia, Intensin Membeli, Analisa Faktor

Downloads

Published

2019-08-19

Issue

Section

Articles