PENGARUH CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE INDONESIA (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2015/2016 dan 2016/2017 yang Membeli Barang Secara Online di E-commerce)
Abstract
The purpose of this study was to (1) partially explain the influence of Brand Image and Price partially on Purchase Decision. (2) explain the effect of simultaneous Brand Image and Price on Purchasing Decision. The type of research was used in this research is explanatory with a quantitative approach. The research variables of this study were Brand Image, Price and Purchasing Decision. The population in this research were S1 Students of the Faculty Administration Sciences of Brawijaya University 2015/2016 and 2016/2017 who Buy Goods Online on E-commerce and have used Shopee Indonesia. The sample used in this study was 116 respondents taken using purposive sampling and the method of data collection using a questionnaire. The data analysis used was descriptive statistical analysis and multiple linear regression analysis. The data in this study were processed using SPSS 25 for Windows. The results of multiple linear regression analysis show that (1) Brand Image (X1) and Price (X2) variables each have a partially significant effect on Structure Purchase Decision (Y), (2) Brand Image (X1) and Price (X2) have a simultaneous significant effect on Structure Purchasing Decision (Y).
Keywords: Brand Image, Price, Purchasing Decision
ÐBSTRÐK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan pengaruh Citra Merek secara parsial terhadap Keputusan Pembelian (2) menjelaskan pengaruh Harga secara parsial terhadap Keputusan Pembelian. (3) menjelaskan pengaruh Citra Merek dan Harga secara bersama-sama terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini meliputi Citra Merek, Harga dan Struktur Keputusan Pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2015/2016 dan 2016/2017 yang Membeli Barang Secara Online di E-Commerce. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 116 responden yang diambil dengan menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis Regresi Linear Berganda. Data pada penelitian ini diolah menggunakan SPSS 25 for Windows. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa variabel Citra Merek (X1) dan Harga (X2) masing-masing berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y), variabel Citra Merek (X1) dan Harga (X2) berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y).
Kata Kunci: Citra Merek, Harga, Keputusan Pembelian