PENGARUH FAKTOR-FAKTOR LINGKUNGAN TOKO TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF (Survei Pada Pengunjung Giant Hypermarket Mall Olympic Garden Kota Malang)
Abstract
This research aims to determine the factors which make the Store Environment and analyze the influence by simultan and partial to the Impulsive Buying. This type of research is explanatory research. The sample counted 102 respondents who are impulsive or unplanned buying of goods in Giant MOG. Methods of data collection using questionnaires. Analysis of the data used descriptive analysis, factor analysis and multiple linear regression analysis. The sampling technique used probability sampling with approach accidental. The result of factor analysis showes that there are 5 new factors that makes the Store Environment, there is Retail Identity variable, Storefront Design variable, Signage variable, Fixture variable and Space Allocation variable. Retail Identity variable, Storefront Design variable, Signage variable, Fixture variable and Space Allocation variable simultaneously influence on Impulsive Buying. The correlation can be shown by the value of the coefficient correlation (R) of 0.445 and the adjusted coefficient determination (adjusted R square) of 0.156 or 15.6% with F-count value 4.729 with a significance level 0.001 (p <0,05). Signage variable is a dominant variable influencing Impulsive Buying in Giant MOG with the highest beta value of 0.279 compared with other variables.
Keywords : Store Environment, Impulsive Buying
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat membentuk Lingkungan Toko dan pengaruhnya secara bersama-sama dan parsial terhadap terhadap Pembelian Impulsif. Jenis penelitian adalah explanatory research. Sampel sebanyak 102 orang responden membeli barang-barang secara impulsif di Giant MOG. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis faktor dan analisis regresi linear berganda. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan pendekatan secara accidental. Hasil analisis faktor menunjukkan bahwa ada 5 faktor baru yang dapat membentuk Lingkungan Toko, yaitu variabel Identitas Ritel, variabel Desain Luar Toko, variabel Tanda, variabel Perabotan dan variabel Alokasi Ruang. Variabel Identitas Ritel, variabel Desain Luar Toko, variabel Tanda, variabel Perabotan dan variabel Alokasi Ruang secara bersama-sama berpengaruh terhadap Pembelian Impulsif. Hubungannya dapat ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasinya (R) sebesar 0,445 dan nilai koefisien determinasi yang disesuaikan (adjusted R square) sebesar 0,156 atau 15,6% dengan Fhitung sebesar 4,729 serta tingkat signifikansi 0,001 (p < 0,05). Variabel Tanda merupakan variabel yang dominan mempengaruhi Pembelian Impulsif di Giant MOG dengan nilai beta tertinggi yaitu 0,279 dibandingkan dengan variabel-variabel lainnya.
Kata kunci : Lingkungan Toko, Pembelian Impulsif